Penjualan General Motors di China Jatuh, Ini Penyebabnya

General Motors Co menderita penurunan penjualan kuartalan di China untuk pertama kalinya sejak lebih dari setahun terakhir, terpukul oleh pertumbuhan ekonomi yang melambat dan perlambatan yang lebih luas di pasar mobil terbesar di dunia itu di tengah perang perdagangan dengan Amerika Serikat.
Fatkhul Maskur | 09 Oktober 2018 12:45 WIB
General Motors - Reuters/Jeff Kowalsky

Bisnis.com, SHANGHAI - General Motors Co menderita penurunan penjualan kuartalan di China untuk pertama kalinya sejak lebih dari setahun terakhir, terpukul oleh pertumbuhan ekonomi yang melambat dan perlambatan yang lebih luas di pasar mobil terbesar di dunia itu di tengah perang perdagangan dengan Amerika Serikat.

Produsen mobil AS ini menjual 835.934 kendaraan pada kuartal ketiga yang berakhir September, turun tajam 14,9% dari tahun sebelumnya, seperti dikatakan perusahaan, itu karena "pelemahan" pasar kendaraan dan faktor pergeseran produk Buick ke mobil bermesin baru yang lebih kecil.

"Alasan utamanya adalah pasar yang melemah, melambatnya kota-kota ke tingkat rendah, mesin Buick berubah-ubah dan Q3 yang kuat tahun lalu," kata juru bicara GM yang berbasis di Shanghai. Dia menambahkan, kejatuhan itu tidak terkait dengan ketegangan perdagangan.

Penurunan itu menandai penurunan sejak kuartal pertama 2017, ketika penjualan GM China turun 5,2%. GM beralih ke pelaporan hanya penjualan China kuartal awal tahun ini, menghapus angka penjualan bulanan yang sebelumnya telah diungkap.

Penjualan mobil China telah jatuh lebih luas dalam beberapa bulan terakhir, dengan perlambatan ekonomi dan friksi perdagangan membuat konsumen berhati-hati dalam pengeluaran, sebuah badan industri mengatakan bulan lalu
GM telah memindahkan mobil Buick-nya ke tipe baru mesin tiga silinder yang lebih efisien untuk memenuhi target emisi, yang diler China katakan kepada Reuters telah mencapai penjualan karena konsumen belum yakin dengan mesin yang lebih kecil.

"Banyak konsumen masih memiliki kekhawatiran karena mereka membaca komentar negatif tentang teknologi tiga silinder online, yang benar-benar tidak adil," kata seorang manajer penjualan yang bermarga Hu di diler Buick di Provinsi Zhejiang.

China, pasar mobil terbesar dunia, sangat penting bagi produsen mobil AS. Ini terjual lebih dari 4 juta kendaraan di negara itu tahun lalu, bahkan lebih dari itu dijual di pasar Amerika Utara

Penjualan GM di China naik tipis 0,7% pada kuartal kedua tahun ini, melambat dari kenaikan 8% di kuartal Januari-Maret.

Usaha patungan GM di China, GM Shanghai, juga akan menarik lebih dari 3,3 juta kendaraan Buick, Chevrolet dan Cadillac dari 20 Oktober karena cacat dengan sistem suspensi, kata regulator China awal bulan ini.

Badan industri otomotif utama China, Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM), akan mengumumkan penjualan mobil September akhir pekan ini.

Sumber : Reuters

Tag : general motors co
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top