Semangat Investor Zona Euro Melorot di Italia, Industri Mobil Khawatir

Semangat investor di zona euro turun lebih dari yang diperkirakan pada Oktober, survei menunjukkan pada Senin (8/10/2018), karena kekhawatiran tentang kebijakan fiskal Italia dan pengawasan ketat dari kepatuhan industri mobil dengan aturan emisi membebani sentimen.
Fatkhul Maskur | 09 Oktober 2018 11:20 WIB
Karyawan Mercedes Benz sedang mengerjakan interior mobil di pabrik Mercedes-Benz di Rastatt, Jerman (22/12016). - REUTERS/Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, BERLIN - Semangat investor di zona euro turun lebih dari yang diperkirakan pada Oktober, survei menunjukkan pada Senin (8/10/2018), karena kekhawatiran tentang kebijakan fiskal Italia dan pengawasan ketat dari kepatuhan industri mobil dengan aturan emisi membebani sentimen.

Indeks Sentix untuk zona euro turun menjadi 11,4 dari 12 poin pada September. Perkiraan konsensus Reuters adalah untuk penurunan ke 11,7.

Estimasi penghitungan sub-indeks sedikit meningkat menjadi -8,3 dari -8,8. Sub-indeks pada kondisi saat ini turun menjadi 33 dari 35, mencapai level terendah sejak April 2017.

"Penyebab sedikit jatuhnya dalam indeks mungkin terletak pada diskusi tentang sektor otomotif di Jerman dan ketidakpastian atas kebijakan fiskal masa depan pemerintah Italia," Manfred Huebner, Direktur Pelaksana Sentix, mengatakan.

Pembuat mobil Jerman dan pemerintah telah menandatangani kesepakatan kompromi untuk mengurangi polusi dari kendaraan diesel minggu lalu setelah kelompok lingkungan memenangkan kemenangan pada Februari yang memungkinkan kota-kota untuk melarang mobil diesel yang lebih tua.

Pemerintah telah meminta pembuat mobil untuk menawarkan insentif dan perbaikan perangkat keras bagi para pemilik properti. Tidak semua pembuat mobil berkomitmen terhadap retrofits, karena perbaikan perangkat keras diketahui, yang akan menghabiskan miliaran euro dan memakan margin laba.

Investor juga khawatir tentang Italia, di mana pemerintah sejauh ini menentang seruan European Commisison untuk menurunkan defisit anggaran yang direncanakan, sejalan dengan aturan UE.

Indeks terpisah yang mengukur semangat investor di Jerman naik pada Oktober meskipun meningkatnya tekanan pada sektor otomotif besar untuk mengeluarkan uang tunai untuk retrofits mahal untuk model diesel yang lebih tua dan kekhawatiran tentang stabilitas pemerintahan Kanselir Angela Merkel.

Koalisi Merkel, yang termasuk Demokrat Kristennya, sekutu Bavaria mereka dan Demokrat Sosial kiri-tengah, telah terguncang oleh perselisihan soal imigrasi dan kepala skandal agen mata-mata domestik.

"Meskipun diskusi negatif tentang industri mobil dan tanda tanya yang menggantung di atas kelangsungan hidup koalisi yang mengatur, data ekonomi Jerman tetap stabil," kata Huebner. "Perekonomian sedang melambat tetapi resesi masih belum terlihat," katanya.

Sentix mensurvei 925 investor dari 4-6 Oktober.

Sumber : Reuters

Tag : industri mobil, Uni Eropa
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top