Scania Capital Investasi SEK35 Juta di Start-up Serat Karbon

Startup teknologi material Swedia, Corebon AB telah mengembangkan metode revolusioner untuk memproduksi komponen serat karbon. Dana modal ventura perusahaan Scania berinvestasi dalam inovasi yang dipatenkan.
Fatkhul Maskur | 25 Agustus 2018 22:10 WIB
Corebon telah mengembangkan metode yang benar-benar mengganggu untuk produksi komponen serat karbon. - SCANIA

Bisnis.com, SODERTALJE - Startup teknologi material Swedia, Corebon AB telah mengembangkan metode revolusioner untuk memproduksi komponen serat karbon. Dana modal ventura perusahaan Scania berinvestasi dalam inovasi yang dipatenkan.

Berbasis di Swedia selatan, start-up telah mengembangkan metode terobosan untuk memproduksi komponen plastik yang diperkuat serat karbon untuk berbagai macam produk dalam industri seperti otomotif, telekomunikasi, aerospace, dan robotika.

Proses yang dipatenkan didasarkan pada pemanasan induksi dan memungkinkan Corebon untuk memproduksi komponen serat karbon pada kecepatan yang secara signifikan lebih tinggi daripada melalui metode yang sudah ada. Kualitas komponen serat karbon yang dihasilkan juga meningkat, dan konsumsi energi dalam produksi jauh lebih rendah.

Corebon sudah menjadi pemasok untuk pemain terkemuka dalam sektor telekomunikasi dan dalam berbagai tahap proyek implementasi dengan beberapa perusahaan kunci lainnya dalam industri yang berbeda.

“Kami sedang dalam fase akselerasi dan tumbuh baik kapasitas produksi dan organisasi. Dengan Scania Growth Capital sebagai investor utama dalam lingkaran penggalangan modal sebesar SEK45 juta dan ekosistem dan pengetahuan Scania akan membantu mempercepat pertumbuhan, ” kata Tobias Björnhov, Pendiri dan CEO Corebon AB.

“Corebon telah mengembangkan metode yang benar-benar mengganggu untuk produksi komponen serat karbon. Teknologi ini memiliki potensi untuk secara mendasar mengubah jangkauan serat karbon dalam aplikasi industri, yang secara tradisional telah terbatas karena waktu yang lama dan biaya tinggi,” kata Christian Zeuchner, Partner di perusahaan manajemen Scania Growth Capital.

Ini menandai investasi keempat oleh dana modal ventura perusahaan Scania. Untuk setiap investasi, pendekatan telah berkontribusi dengan pengetahuan industri, di samping modal yang diinvestasikan.  Dalam hal ini, Per-Arne Eriksson, Kepala Pengembangan Truk Khusus di Scania, akan bergabung dengan dewan direksi Corebon.

Eriksson mengatakan, “Ini adalah strategi berinvestasi di perusahaan yang memiliki relevansi strategis dengan ekosistem tempat kami beroperasi dan Corebon sangat cocok. Dalam industri otomotif yang berubah dengan cepat, kami melihat banyak peluang untuk memperluas penggunaan komposit serat karbon ke lebih banyak aplikasi sebagai enabler dalam pengembangan produk, termasuk dalam elektrifikasi kendaraan. ”

Tag : Scania AB
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top