Elektrifikasi Jalan, Proyek eRoadArlanda Swedia Pangkas Biaya Kendaraan Listrik

Elektrifikasi jalan di Swedia yang merupakan pertama di dunia untuk mengisi kendaraan saat mereka berkendara menunjukkan janji dan berpotensi membantu memotong biaya tinggi mobil listrik.
Muhammad Khadafi | 16 Mei 2018 11:30 WIB
Truk kargo uji proyek eRoadArlanda. - eRoadArlanda

Bisnis.com, OSLO - Elektrifikasi jalan di Swedia yang merupakan pertama di dunia untuk mengisi daya kendaraan saat mereka berkendara mewujudkan janji yang berpotensi membantu memotong biaya tinggi mobil listrik, pendukung proyek Vattenfall dan Elways mengatakan kepada Reuters.

Proyek yang didanai negara bernama eRoadArlanda yang menelan dana sekitar 50 juta crown (US$5,82 juta). Pengujian teknologi dilakukan dengan menggunakan truk listrik modifikasi yang menggerakkan kargo dari bandara Arlanda Stockholm ke pusat logistik terdekat Postnord.

Sebuah rel elektrik yang tertanam di aspal jalan sepanjang 2 km (1,24 mil) mengisi tenaga truk secara otomatis saat berjalan di atasnya. Lengan bergerak yang menempel pada truk mendeteksi lokasi rel di jalan. Pengisian berhenti ketika kendaraan itu menyalip atau terhenti.

Sistem ini juga menghitung konsumsi energi kendaraan, yang memungkinkan biaya listrik untuk didebit per kendaraan dan pengguna.

Chief executive Elways, Gunnar Asplund mengatakan pengisian saat mengemudi akan membuat mobil listrik tidak lagi membutuhkan baterai besar - yang dapat menjadi setengah biaya mobil listrik - untuk memastikan mereka memiliki kekuatan yang cukup untuk menempuh jarak yang dibutuhkan.

"Teknologi ini menawarkan jangkauan yang tak terbatas - rentang kecemasan menghilang," katanya. "Jalan yang dialiri arus listrik akan memungkinkan baterai yang lebih kecil dan dapat membuat mobil listrik lebih murah daripada yang bahan bakar fosil."

Asplund mengatakan bahwa negara Swedia, yang mendanai proyek tersebut, merasa senang dengan hasilnya sejauh ini, dengan satu-satunya masalah - yang kini telah diselesaikan - karena telah terkumpulnya persoalan di rel.

Elways telah mematenkan teknologi kereta listrik dan merupakan bagian dari konsorsium Swedia yang mendukung proyek eRoadArlanda yang juga mencakup perusahaan infrastruktur NCC dan utilitas Vattenfall, yang menyediakan tenaga dari jaringan nasional ke rel.

"Jalan tersebut akan memungkinkan (kendaraan listrik) untuk bergerak jauh tanpa baterai besar, mahal dan berat," kata Markus Fischer, juru bicara Vattenfall, menambahkan bahwa memasang lengan di mobil baru akan lebih murah daripada retrofitting model saat ini.

Vattenfall mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jalan yang dialiri listrik dapat mengurangi emisi karbon dioksida dari lori, yang merupakan sekitar 25% dari total emisi lalu lintas jalan. "Biaya investasi per kilometer diperkirakan kurang dari penggunaan saluran udara, seperti dampak pada lanskap," tambahnya.

Pengujian di eRoadArlanda dimulai pada April dan akan berlangsung setidaknya 12 bulan sehingga truk listrik dapat menggunakannya di bawah kondisi cuaca yang berbeda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik, Vattenfall, Proyek eRoadArlanda

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top