Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Indonesia Ternyata Pasar Terbesar Mini di Asia

Sejak mulai berjualan pada 2012, Indonesia menjadi pasar terbesar Mini Asia. Mini Asia menangani penjualan kendaraan asal Inggris ini di 9 negara, yakni Singapura, Brunei, Vietnam, Kaledonia Baru, Guam, Sri Lanka, Tahiti, Filipina, dan Indonesia.
Model bergaya bersama mobil New MINI Cooper S Countryman, saat peluncurannya, di Jakarta, Kamis (6/4)./JIBI-Endang Muchtar
Model bergaya bersama mobil New MINI Cooper S Countryman, saat peluncurannya, di Jakarta, Kamis (6/4)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak mulai berjualan pada 2012, Indonesia menjadi pasar terbesar Mini Asia. Mini Asia menangani penjualan kendaraan asal Inggris ini di 9 negara, yakni Singapura, Brunei, Vietnam, Kaledonia Baru, Guam, Sri Lanka, Tahiti, Filipina, dan Indonesia.

“Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa, di mana kendaraan MINI tergolong baru dipasarkan di Indonesia,” kata President Director BMW Group Indonesia Karen Lim seusai peresmian diler ketiga Mini di Indonesia, Tangerang, Banten, Jumat (4/3/2018).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pabrik ke diler Mini tahun lalu mencapai rekor penjualan tertinggi, 553 unit. Capaian ini merepresentasikan pertumbuhan 49% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kontributor tertinggi adalah Mini 3-door yang menyumbang 41% dari total performa perusahaan. Kemudian diikuti oleh All New Mini Countryman 18% dan Mini 5-door 17%.

Dengan lini produk baru serta varian John Cooper Works, Mini Indonesia optimistis dapat melampaui prestasi tersebut di tahun ini. “Hal ini pastinya didukung oleh Plaza MINI yang merupakan diler ketiga di Indonesia,” tambah Karen.

Seperti diberitakan sebelumnya, BMW Group Indonesia bersama PT Plaza Auto Raya meresmikan diler 3S (penjualan, servis, dan suku cadang) Mini yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Gerai tersebut menjadi yang pertama bagi mitra diler kedua Mini Indonesia. Selain diler anyar tersebut, Mini juga memiliki dua jaringan lain di Jakarta dan Surabaya.

Chairman PT Plaza Auto Raya Robert Wardhana berkomitmen memperkuat posisi Mini di pasar kendaraan premium berbentuk kompak di Indonesia. Kawasan Serpong dia pilih untuk mendirikan diler dengan total investasi sebesar Rp70 miliar sebagai bagian dari strategi.

"Dalam beberapa tahun terakhir kawasan Serpong menjadi salah satu pusat ekonomi baru di Jabodetabek," katanya.

Sementara itu, Plaza Mini Gading Serpong berdiri di atas tanah seluas 1.579 meter persegi. Selain ruang pamer dan servis kendaraan, diler ini juga dilengkapi dengan beragam aksesoris mobil dan gaya hidup.

Pembelian kendaraan asal Inggris di semua diler resmi akan diberikan perawatan reguler tanpa biaya selama 5 tahun atau 70.000 Km dan garansi 36 bulan tanpa jarak tempuh. Mobil Mini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun. Layanan ini memberikan penggantian 4 ban per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper