Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fiat Chrysler Bersiap Pisah dengan Magneti Marelli

Fiat Chrysler (FCHA.MI) mengatakan pada Kamis (5/4/2018) bahwa dewannya telah menugaskan manajemen untuk melanjutkan proses berpisah dengan Magneti Marelli dan mendistribusikan saham dalam holding baru untuk bagian bisnis yang telah berumur 99 tahun itu kepada investor FCA.
 Sergio Marchionne, CEO, Fiat Chrysler Automobiles, berbicara kepada jurnalis di North American International Auto Show di Detroit, Michigan, AS, 15 Januari, 2018. /REUTERS
Sergio Marchionne, CEO, Fiat Chrysler Automobiles, berbicara kepada jurnalis di North American International Auto Show di Detroit, Michigan, AS, 15 Januari, 2018. /REUTERS

Bisnis.com, MILAN - Fiat Chrysler (FCHA.MI) mengatakan pada Kamis (5/4/2018) bahwa dewannya telah menugaskan manajemen untuk melanjutkan proses berpisah dengan Magneti Marelli dan mendistribusikan saham dalam holding baru untuk bagian bisnis yang telah berumur 99 tahun itu kepada investor FCA.

Spin-off adalah bagian dari rencana Chief Executive FCA Sergio Marchionne untuk "memurnikan" portofolio pembuat mobil Italia-Amerika dan untuk membuka kunci nilai di Magneti Marelli, yang duduk di dalam unit komponen FCA bersama spesialis robotika Comau dan perusahaan corak Teksid, dan yang analis mengatakan dapat bernilai antara 3,6 dan 5 miliar euro (US$4,4 miliar-US$6,1 miliar).

"Pemisahan akan memberikan nilai kepada pemegang saham FCA, sambil memberikan fleksibilitas operasional yang diperlukan untuk pertumbuhan strategis Magneti Marelli di tahun-tahun mendatang," kata Marchionne dalam sebuah pernyataan.

Magneti Marelli, yang mempekerjakan sekitar 43.000 orang dan beroperasi di 19 negara, merupakan pemasok komponen terdiversifikasi yang mengkhususkan diri dalam pencahayaan, powertrain dan elektronik dan spin-off-nya merupakan bagian dari rencana bisnis lima tahun FCA akan hadir pada 1 Juni.

"Spin-off juga akan memungkinkan FCA untuk lebih fokus pada portofolio intinya sementara pada saat yang sama meningkatkan posisi modalnya," tambah Marchionne.

Marchionne memiliki sejarah panjang dari gerakan semacam itu. Pria 65 tahun itu berada di belakang spin-off dan masuk daftar pembuat truk dan traktor CNH Industrial (CNHI.MI) dan merek supercar Ferrari (RACE.MI).

Pemisahan Magneti Marelli diharapkan akan selesai pada akhir tahun ini atau awal 2019, dengan saham di perusahaan diharapkan akan terdaftar di bursa saham Milan.

Penasihat FCA awalnya melihat kemungkinan penawaran umum awal bagi bisnis untuk mendapatkan uang tunai untuk memotong utang FCA, tetapi keluarga Agnelli - pemegang saham utama FCA - ditolak oleh valuasi industri rendah dan tidak ingin saham mereka di Magneti Marelli dicairkan, tiga sumber yang dekat dengan masalah tersebut kepada Reuters bulan lalu.

Magneti Marelli sering disebut-sebut sebagai target pengambilalihan dan FCA telah menurunkan minat dari berbagai saingan dan perusahaan ekuitas swasta selama bertahun-tahun.

Samsung Electronics Korea Selatan melakukan pendekatan penawaran pada tahun 2016 tetapi negosiasi gagal karena hanya tertarik pada bagian bisnis, kata sumber lain.
Spin-off tunduk pada persetujuan pengaturan, pajak dan pertimbangan hukum dan persetujuan akhir oleh dewan FCA.

Produsen mobil dapat memodifikasi atau membatalkan transaksi kapan saja dan untuk alasan apa pun, tambahnya. Saham yang terdaftar di Milan di FCA naik 4,7% pada 1034 GMT, kenaikan tertinggi dalam indeks blue chip Italia. FTMIB naik 1,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler