GIMS 2018: Inilah 7 Finalis Car of the Year

Car of the Year diselenggarakan oleh tujuh majalah teratas di Eropa: Auto di Italia, Autocar di Inggris Raya, Motorway di Spanyol, Autovisie di Belanda, Majalah L\'mobil di Prancis, Stern di Jerman, dan Vi Blgare di Swedia. Juri terdiri dari 60 jurnalis terbaik yang berasal dari 23 negara di seluruh dunia yang bersidang di Eropa untuk memilih pemenang.
Fatkhul Maskur | 28 Februari 2018 03:20 WIB
Jean-Philippe Imparato, CEO Peugeot-PSA Group, berpose dengan tropi Car of the Year di samping Peugeot 3008 di Jenewa, 6 Maret 2017. - Reuters

Bisnis.com, GENEWA - Seperti biasanya, Geneva International Motor Show ke-88 akan menganugerahkan Penghargaan Car of the Year. Sebanyak 37 mobil telah menjalani seleksi sejak Oktober 2017, dan hingga pekan lalu terseleksi 7 finalis.

Seperti dikutip gims.swiss, pemilihan akhir dan pemberian hadiah Car of the Year diadakan di Geneva International Motor Show, akan dilaksanakan tepat sebelum Hari Pers. Tujuh finalis menjalani tes terakhir mereka pekan lalu, untuk diseleksi kembali menjadi 5 mobil terbaik.

Pemberian Penghargaan ke-7 ini akan dilakukan di Palexpo oleh ketua baru dari dewan juri, sekaligus wartawan majalah otomotif Jerman Stern, Frank Janssen.

Upacara akan diadakan untuk jurnalis terdaftar, namun dapat diikuti oleh masyarakat umum di www.gims.swiss dan www.caroftheyear.org pada Senin, 5 Maret 2018 pukul 3:00 sore.

Trofi Car of the Year ini sangat dihargai oleh pabrikan mobil. Didirikan pada 1964, Car of the Year adalah penghargaan paling bergengsi dari jenisnya di Eropa.

Seleksi awal kandidat melibatkan 37 model. Dimulai dengan pekan pertama tes jalan (tannistest) dari Denmark pada Oktober 2017, selanjutnya dilakukan banyak tes individu, dan dewan juri mengadakan pertemuan di Pusat d'Essais et de Recherche Automobile di Mortefontaine CERAM, dekat Paris, untuk putaran terakhir tes di sirkuit dan di jalan umum.

Para produsen finalis berkumpul untuk menjelaskan konsep, poin penting dan kelebihan dari model yang telah mereka ajukan untuk penghargaan tersebut.

Mobil-mobil yang masih dalam pelarian sangat berbeda dalam hal segmen pasar dan positioning, yang membuat hasil akhir sulit diprediksi.

Berikut ini adalah 7 finalis yang akan melewati seleksi tahap akhir.

1. Alfa Romeo Stelvio
2. Audi A8
3. BMW Seri 5
4. Citroën C3 Aircross
5. Kia Stinger
6. Seat Ibiza
7. Volvo XC40

Acara penghargaan ini juga akan menjadi kesempatan bagi Hakan Matson, pendorong utama penghargaan Car of the Year sejak 2009 dan penggagas penghargaan yang dipresentasikan di Geneva International Motor Show, untuk menyampaikan peran Presiden Juri kepada rekan sejawatnya Frank Janssen dari majalah Jerman Stern.

Car of the Year diselenggarakan oleh tujuh majalah teratas di Eropa: Auto di Italia, Autocar di Inggris Raya, Motorway di Spanyol, Autovisie di Belanda, Majalah L'mobil di Prancis, Stern di Jerman, dan Vi Blägare di Swedia. Juri terdiri dari 60 jurnalis terbaik yang berasal dari 23 negara di seluruh dunia yang bersidang di Eropa untuk memilih pemenang.

KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top