PASAR MOBIL 2017: MPV Mewah Melaju Kencang, Sejumlah Model Melambat

Pasar mobil kendaraan serbaguna mewah (upper MPV) sepanjang tahun ini hingga November bertumbuh signifikan. Sebagian merek melaju kencang, sebagian melambat.
Fatkhul Maskur | 31 Desember 2017 21:45 WIB
Mobil Toyota Alphard Hybrid dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang Banten, Jumat (11/8). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar mobil kendaraan serbaguna mewah (upper MPV) sepanjang tahun ini hingga November bertumbuh signifikan. Sebagian merek melaju kencang, sebagian melambat.

Pasar kendaraan serbaguna mewah diisi oleh cukup banyak pemain, di antaranya Toyota Alpard, Nissan Serena, Mazda Biante, Toyota Vellfire, Toyota Nav 1, Hyundai H1, Mitsubishi Delica, Chevrolet Orlando, Honda Odyssey, Nissan Elgrand, dan Mazda 8.

Berdasarkan data Gaikindo, pasar kendaraan serbaguna mewah sepanjang 11 bulan pertama tahun ini tercatat 6.969 unit atau meningkat 11% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 6.292 unit.

Pemimpin pasar di segmen ini Toyota Alphard berhasil meningkatkan penjualan 28% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 2.116 unit menjadi 2.714 unit.

Peningkatan penjualan ini sekaligus meningkatkan pangsa pasar Toyota Alphard pada periode lalu 34% menjadi 39%.

Penguasa pasar terbesar kedua Nissan Serena juga berhasil mencatat kenaikan penjualan cukup signifikan, yakni 20% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 1.033 unit menjadi 1.236 unit.

Seperti Toyota Alphard, peningkatan penjualan Nissan Serena berhasil memperbesar penguasaan pasar model ini. Pangsa pasar Serena yang tahun lalu 16% membesar menjadi 18%.

Nasib bagus juga dinikmati Toyota Vellfire yang mencatat kenaikan penjualan 19% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 671 unit menjadi 797 unit. Akan tetapi, peningkatan penjualan Vellfire belum mampu menambah penguasaan pasarnya.

Model lain yang sukses meningkatkan penjualan adalah Honda Odyssey. Sepanjang Januari-November 2017, jagoan Honda di segmen MPV mewah ini berhasil meraih penjualan 282 unit atau naik 23% dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu 229 unit.

Sementara itu, sejumlah model justru menderita penurunan penjualan, di antaranya Hyundai H-1, Mitsubshi Delica, dan Nissan Elgrand.

Adapun Toyota Nav1 dan Mazda 8 tidak membukukan penjualan.

Tag : upper mpv, Pasar Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top