Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pangsa Pasar Datsun Terkikis

Pangsa pasar mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Datsun terkikis sepanjang tahun ini. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga Oktober 2017, kontribusi 2 LCGC Datsun sebesar 4,36% terhadap total volume penjualan pabrik ke diler atau wholesales mobil tanpa pajak.
Datsun Go Live/Istimewa
Datsun Go Live/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pangsa pasar mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Datsun terkikis sepanjang tahun ini. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga Oktober 2017, kontribusi 2 LCGC Datsun sebesar 4,36% terhadap total volume penjualan pabrik ke diler atau wholesales mobil tanpa pajak.

Sejak September 2016 pasokan ke diler merek yang berada di bawah naungan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) anjlok. Pada bulan itu penjualan ke diler turun 56,96% dibandingkan bulan sebelumnya, menjadi 903 unit. Sejak saat itu penjualan ke diler 2 LCGC Datsun tidak pernah lebih dari 1.150 unit per bulan.

Saat ini Datsun hanya memliki dua model. Keduanya bermain di segmen LCGC. Satu bersaing dengan LCGC dua barik, yakni Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Suzuki Karimum Wagon R, sedangkan satu lagi bersaing dengan LCGC tiga baris, yaitu Toyota Calya, dan Daihatsu Sigra.

Calya dan Sigra disebut-sebut sebagai penyebab anjloknya penjualan Datsun di Indonesia. Sebelum Calya dan Sigra, Hadir, Datsun masih menguasai 20,86% pasar LCGC dalam negeri.

Sebelumnya, Datsun sempat menjanjikan akan segera meluncurkan produk baru untuk mengkerek volume penjualan. Namun hingga menjelang berakhirnya tahun ini, perusahaan belum dapat memastikan kapan varian teranyar tersebut akan diperkenalkan ke publik.

“Kami memang akan mengeluarkan mobil ketiga. Masuk ke LCGC atau tidak belum tahu. Intinya kami tidak pernah bilang kami brand [merek] LCGC,” kata Indriyani kepada Bisnis, April lalu saat masih menjabat sebagai Head of Datsun Indonesia, sebelum akhirnya dipindahtugaskan ke Datsun Global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper