Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan Ala Chevrolet

Keselamatan merupakan tanggung jawab setiap pengguna jalan, terutama pengendara. Untuk itu, kewaspadaan dan perhatian perlu dijaga guna mendukung terciptanya keamanan serta kenyamanan saat bepergian.
Mengemudi saat hujan/wftv.com
Mengemudi saat hujan/wftv.com

Bisnis.com, JAKARTA-Keselamatan merupakan tanggung jawab setiap pengguna jalan, terutama pengendara. Untuk itu, kewaspadaan dan perhatian perlu dijaga guna mendukung terciptanya keamanan serta kenyamanan saat bepergian.

External Affairs & Communications Director PT General Motor (GM) Indonesia, Haksono Hartono, mengatakan Chevrolet selalu berkomitmen untuk itu, yaitu mengutamakan keselamatan di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun.

“Terutama berkendara saat musim hujan memerlukan perhatian yang lebih khususnya dalam kesiapan kendaraan untuk melewati jalanan licin dan banjir,” katanya, Jumat (6/10/2017)

Menurutnya, Chevrolet selain menganjurkan pemeriksaan kendaraannya di bengkel resmi juga melaksanakan beberapa tips berkendara dengan aman, terutama saat musim hujan seperti saat-saat ini.

Adapun tips yang dimaksud, Pertama ialah melakukan standar check-up pada kendaraan, termasuk wipers, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan sebelum bepergian jauh.

Kedua, rencanakan rute sebelum bepergian, terlebih saat menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi.

Terlebih lagi, potensi cuaca dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati. Fitur MyLink di kendaraan The All-New Chevrolet dapat digunakan untuk screen mirroring.

Ketiga gunakan gigi rendah ketika menghadapi jalan menanjak atau turunan yang curam dan licin. Menggunakan gigi rendah memudahkan mesin melakukan pengereman sebelum mencapai tikungan curam dan membantu mengontrol kecepatan kendaraan, serta membuat rem bertahan lebih lama.

Selanjutnya tip Keempat, pastikan kendaraan dalam kondisi baik,terutama pada bagian mesin. Dalam kondisi jalan yang berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal untuk menaklukan medan. Pilihan SUV Chevrolet memiliki mesin yang mumpuni di kelasnya, dengan kekuatan yang tepat untuk pengalaman berkendara yang nyaman.

Kelima, latih kesabaran. Walaupun saat ini bukan puncak musim liburan, pengemudi harus dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan. Hindari menyusul kendaraan lain ketika tidak bisa melihat jalanan di depan, seperti di tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

Keenam adalah teknologi yang mendukung, seperti Lane departure warning, Forward coallision alert, Panic brake assist, Electronic stability control, dan Anti-rolling protection akan membuat pengemudi tetap tenang dalam perjalanan.

Beberapa kendaraan Chevrolet juga dilengkapi beberapa teknologi mendukung untuk meningkatkan keamanan dalam perjalanan ke pegunungan, seperti hill descent control (HDC) dan hill start assist (HSA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper