Januari-Agustus, Jualan Toyota Naik 9%

PT Toyota Astra Motor berhasil meningkatkan penjualan pada tahun ini. Dari data yang dirilis perusahaan, penjualan dari pabrik ke diler Toyota hingga bulan ke delapan tahun ini mencapai 261.599 unit.
Tegar Arief | 26 September 2017 13:54 WIB
Logo Toyota - Reuters/Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor berhasil meningkatkan penjualan pada tahun ini. Dari data yang dirilis perusahaan, penjualan dari pabrik ke diler (wholesale) Toyota hingga bulan ke delapan tahun ini mencapai 261.599 unit, naik sebesar 9,88% dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 238.062 unit.

Total market share yang berhasil diraih perusahaan tersebut sepanjang sepanjang periode Januari-Agustus tahun ini mencapai 36,5%, naik dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 34,5%.

“Kami berharap tren ini terus berlanjut sampai akhir tahun. Kami optimistis minat pelanggan terhadap mobil-mobil Toyota tetap tinggi,” kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto, Selasa (26/9/2017).

Sementara itu, kinerja bulanan Toyota turun sebesar 10,59% dari 38.803 unit pada Agustus 2016 menjadi 34.690 unit pada bulan lalu. Namun perusahaan melihat capaian pada Agustus lalu masih positif.

Penguasaan market share tersebut juga berhasil ditorehkan oleh sejumlah model Toyota. Avanza yang bermain di kelas low multipurpose vehicle (LMPV) mencatatkan penjualan 10.212 unit pada bulan lalu dengan pangsa pasar 51,4%.
Avanza memang masih menjadi mobil terlaris di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Adapun di kelas sport utility vehicle (SUV), Rush yang berkompetisi di kelas bawah masih menunjukkan daya saing yang kuat menghadapi kompetisi yang semakin dinamis di segmen ini.

Dari data tersebut, pada Agustus lalu mobil ini berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 2.386 unit. Ini merupakan raihan tertinggi yang berhasil dicatatkan oleh Rush sepanjang tahun ini.

“SUV ini termasuk pasar yang berkembang pesat dan Toyota akan selalu mendorong pertumbuhan segmen ini, meningkatkan value of money baik dengan menghadirkan produk ataupun model terbaru,” ujar Soerjo.

Sementara itu, untuk segmen mobil murah ramah lingkungan Toyota mampu unjuk gigi dengan berhasil meraih penjualan sebanyak 9.295 unit pada bulan lalu. Dari jumlah tersebut LCGC dengan tiga baris kursi, Calya menyumbang sebanyak 5.992 unit dan Agya yang bermain di pasar dua baris kursi terjual sebanyak 3.303 unit.

Tag : toyota
Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top