Perusahaan China Tertarik Akuisisi Fiat Chrysler

Perusahaan China Great Wall Motor Co Ltd tertarik untuk mengakuisisi Fiat Chrysler Automobiles (FCA).
Muhammad Khadafi | 21 Agustus 2017 17:25 WIB
Fiat Chrysler Automobiles - Reuters/Brendan McDermid

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan China Great Wall Motor Co Ltd tertarik untuk mengakuisisi Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Spekulasi mengenai pembelian ini sudah terjadi sejak akhir pekan lalu. Diberitakan pabrikan otomotif China yang cukup terkenal membuat penawaran kepada Fiat. Hal ini pun membuat lonjakan saham perusahaan.

"Sehubungan dengan kasus ini, saat ini kami memiliki niat untuk mengakuisisi. Kami tertarik pada (FCA)," kata pejabat perusahaan di departemen hubungan pers Great Wall, yang menolak memberikan namanya, mengutip Reuters, Senin (21/8/2017).

Dalam laporan terpisah yang juga dipublikasikan pada hari Senin, Automotive News mengatakan bahwa Great Wall telah menghubungi FCA untuk mengungkapkan ketertarikan khusus pada merek Jeep-nya, dengan mengutip sebuah email dari Presiden Great Wall Wang Fengying.

Adapun saham FCA naik 3,9% menjadi 11,12 euro pada awal perdagangan Milan. Saham Great Wall Motor naik hampir 3% di Shanghai.

FCA tidak segera memberikan komentar mengenai minat perusahaan. Sebelumnya, pejabat menolak berkomentar mengenai laporan Automotive News yang berfokus pada Jeep.

"Jeep adalah pilihan paling logis karena [Great Wall] ingin menjadi produsen SUV terbesar di dunia," kata Yale Zhang, kepala konsultan Foresight Automotive yang berbasis di Shanghai.

Ram bisa menjadi pilihan, tetapi merek Jeep diakui secara global. Menurut Zhang, Great Wall Motor mengincar strategi global, bukan hanya Amerika Serikat.

Jika berhasil mengakusisi FCA, akan memungkinkan Great Wall Motor untuk mempercepat rencana masuk ke pasar Amerika Serikat. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Fiat Chrysler Automobiles

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top