Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Motor Akuisisi Daihatsu, Transformasi Bisnis Rampung Agustus

Toyota Motor Corp. mengumumkan rencana pengambilalihan 100% saham di Daihatsu Motor Co. Toyota akan melakukan transformasi bisnis terhadap Daihatsu pascaakuisisi yang ditargetkan selesai pada Agustus 2016.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Motor Corp. mengumumkan rencana pengambilalihan 100% saham di Daihatsu Motor Co. Toyota akan melakukan transformasi bisnis terhadap Daihatsu pascaakuisisi yang ditargetkan selesai pada Agustus 2016.

Berdasakan keterangan resmi Toyota Motor, tujuan kesepakatan itu untuk mengembangkan mobil secara lebih baik dengan mengadopsi strategi dan teknologi terpadu untuk segmen mobil kecil.

“Kita sekarang dapat fokus pada kompe-tensi inti kami. Saya percaya, itu merupa-kan kunci untuk mencapai dan memper-tahankan daya saing global," ujar Presiden Toyota Akio Toyoda melalui keterangan resmi di  website perusahaan, Jumat (29/1/2016).

Berdasarkan data  Bloomberg, Toyota Group menguasai 52,42% saham di Daihatsu Motor. Kapitalisasi pasar Daihatsu tercatat senilai 794,45 miliar yen.

Menanggapi rencana itu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku anak usaha Toyota Motor Corp. (TMC) di Indonesia belum berkomentar banyak. “Kami belum tahu soal itu. Baru tahu, belum bisa banyak komentar,” kata Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono saat dihubungi Bisnis.com, Jumat (29/1/2016).

Sejauh ini, kata Warih, perusahaan perakit dan eksportir produk Toyota di Indonesia belum mendapat informasi langsung dari TMC terkait rencana akuisisi itu.

TMMIN akan melaksanakan apapun kebijakan dan arahan dari TMC. Saat ini, sambungnya, TMMIN hanya akan fokus pada pencapaian target produksi dan ekspor yang ditetapkan oleh perusahaan.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto tak bersedia berkomentar banyak. “Untuk di Indonesia Toyota belum ada perubahan,” katanya.

Tahun lalu, TMC memasarkan produk-nya sebanyak 10,15 juta unit di seluruh dunia. Capaian penjualan itu turun 0,8% dibandingkan dengan 2014. Sedangkan, TMMIN memproduksi 191.000 unit pada 2015, turun 8,6% dari tahun sebelumnya.

Dari sisi kinerja, tahun lalu TMMIN mengekspor kendaraan utuh 176.700 unit, naik 10% dari capaian pada 2014. Kinerja penjualan wholesales TAM pada 2015 sebanyak 321.818 unit. TAM tercatat sebagai  market leader dengan menguasai 31,8% pangsa pasar mobil nasional.

Di Indonesia, melalui bendera PT Astra Daihatsu Motor, Daihatsu menjual 167.808 unit tahun lalu. Toyota dan Daihatsu menjadi unggulan dengan  market share  31,8% dan 16,6% pada tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper