Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Bekas Kembali Bergairah

Pebisnis mobil bekas merasa lega dengan perkembangan pasar yang berhasil menembus angka penjualan 2.600 unit pada Maret 2014, di atas target 2.500 unit dan realisasi unit yang terjual selama 2 bulan sebelumnya.

Bisnis.com, JAKARTA--Pebisnis mobil bekas merasa lega dengan perkembangan pasar yang berhasil menembus angka penjualan 2.600 unit pada Maret 2014, di atas target 2.500 unit dan realisasi unit yang terjual selama 2 bulan sebelumnya.  

Herjanto Kosasih, Manajer Senior Pemasaran Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta, mengatakan perkembangan pasar itu cukup positif mengingat penjualan selama 2 bulan sebelumnya di bawah target yaitu Januari sebanyak 2.300 unit dan 2.000 unit pada Februari.

“Penjualan used car selama dua bulan pertama kwartal I/2014 memang turun akibat gejolak moneter, suku bunga bank yang semakit tinggi dan bencana alam melanda sejumlah wilayah di Tanah Air,” katanya di Jakarta, Rabu (9/4/2014).

Menurutnya, pencapaian penjualan mobil bekas pada Maret 2014 sekitar 2.600 unit tersebut diharapkan akan diikuti pada bulan berikutnya dalam kwartal II/2014 mengingat rangkaian pelaksanaan kegiatan pemilihan umum parlemen relatif berjalan lancar.

Dia menjelaskan walaupun belum dihimpun seluruh data penjualan mobil bekas selama sepekan pertama pada bulan ini, namun cenderung mengalami pertumbuh karena dipicu fondamental enonomi nasional yang relatif cukup kuat.

Bahkan, lanjutnya, permintaan mobil mewah bekas dengan kapasitas mesin besar yaitu 2.500 cc ke atas juga memberikan banyak sumbangan terhadap pencapaian pertumbuhan angka penjualan seluruh kendaraan purna pakai.

Peningkatan pasar mobil mewah bekas tersebut, imbuhnya, setelah pemerintah memberlakukan penaikan tarif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) dari 75% menjadi 125% untuk kendaraan mewah dengan kapasitas mesin 3.000 cc ke atas.

“Kami perkirakan bakan ada lonjakan permintaan mobil mewah bekas tersebut dari yang selama ini angka penjualannya mencapai sektiar 100 unit-150 unit per bulan, setelah diberlakukan tarif baru PPnBM,” ujarnya.

Harjanto mengungkapkan permintaan pasar mobil bekas masih didominasi jenis kendaraan perkotaan meliputi antara lain low multi purpose vehicle seperti Avanza dan Xenia serta sport utility venicle contohnya Rush, Terios, dan CR-V.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper