Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumen Tunda Beli Audi, Tunggu Model Terbaru

PT Garuda Mataram Motor, agen tunggal pemegang merek Audi, menerima kenyataan penjualan produknya cenderung menurun hingga pertengahan tahun ini karena konsumen menunda pembelian untuk menunggu kehadiran model terbaru.
Audi segera menghadirkan empat model terbaru kendaraan premium sedan dan sport utility vehicle langsung dari Jerman. /bisnis.com
Audi segera menghadirkan empat model terbaru kendaraan premium sedan dan sport utility vehicle langsung dari Jerman. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Mataram Motor, agen tunggal pemegang merek Audi, menerima kenyataan penjualan produknya cenderung menurun hingga pertengahan tahun ini karena konsumen menunda pembelian untuk menunggu kehadiran model terbaru.  

Wanny Bhakti A.P, Head of Marketing and Public Relation Garuda Mataram Motor, mengatakan model terbaru dari Audi dijadwalkan datang mulai awal smester II/2014 menyusul selesainya pelaksaan pemilihan umum parlemen dan presiden hingga diperoleh hasilnya.  

“Angka penjualan Audi relatif menurun karena banyak pelanggan menunda pembelian karena menunggu datangnya model-model terbaru dari Audi mulai pertengahan tahun ini,” katanya menjawab Bisnis.com, Kamis (20/3/2014).

Audi segera menghadirkan empat model terbaru kendaraan premium sedan dan sport utility vehicle langsung dari Jerman, yaitu sedan Audi A3-1200 cc, Audi A8-Long 3000 cc dan Audi S3-Sport serta SUV Audi Q3-1400 cc.

Kehadiran kendaraan completely build up itu diklaim dapat mendongkrak penjualan Audi sehingga dapat mencapai targetnya tahun ini mencapai sekitar 505 unit, di atas realiasi penjualan selama 2013 sebanyak 410 unit.

Data terbaru Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima Bisnis menyebutkan realiasai penjualan Audi selama dua bulan pertama tahun ini mencapai 42 unit yang berasal dari Januari terjual sebanyak 26 unit dan 16 unit pada Februari.

Adapun penjualan Audi sebanyak 42 unit itu turun sebesar 66,6% dibandingkan dengan pencapaian penjualan selama periode yang sama pada tahun lalu mencapai 70 unit, yang terdiri dari penjualan selama Januari sejumlah 42 unit dan Februari 28 unit.

Dia mengatakan manajemen Garuda Mataram Motor berusaha secara maksimal untuk menahan agar penurunan angka penjualan Audi dapat dikendalikan sampai dengan datangnya model terbaru yang akan mendongkrak penjualan Audi karena sudah ditunggu-tunggu pelanggannya.

Wanny menyatakan belum bisa memberikan spesifikasi dari empat model terbaru Audi yang segera datang, kecuali kapasitas mesinnya untuk membedakan dengan model serupa yang sudah beredar di pasar domestik serta jenis kendaraan mewah tersebut.

Varian Audi yang telah beredar di Indonesia meliputi Audi A3 generasi terdahulu, Audi A8 ukuran lebih pendek dan SUV Audi Q3 dengan kapasitas mesin lebih besar mencapai 2000 cc yang mendarpat respon cukup antusias dari pelanggan di Tanah Air.

Sedangkan perbedaanya dengan empat model terbaru dari Audi yakni Audi A3-1200 cc, Audi A8-long 3000 cc, dan Audi S3-sport serta SUV Audi Q3-1400 cc yang sudah beberapa pelanggan menyatakan akan membeli kendaraan tersebut karena sudah diinginkan.

“Model terbaru dari Audi ini kapasitas mesinnya relatif lebih kecil dari sebelumnya sehingga tarif pajaknya juga mengikuti. Tetapi, hal itu tidak mengurangi performanya sebagai kendaraan premium yang memiliki segment tersendiri dan cukup loyal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper