Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Harga Toyota Yaris Terbaru Lebih Mahal Rp20 Juta

Setelah lebih dari setengah tahun absen dari segmen hatchback dalam negeri, Toyota membanderol Yaris teranyar Rp20 juta lebih mahal dari varian terdahulu selama periode launching.

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah lebih dari setengah tahun absen dari segmen hatchback dalam negeri, Toyota membanderol Yaris teranyar Rp20 juta lebih mahal dari varian terdahulu selama periode launching.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan setelah dikenai pajak (on the road) di Jakarta All-New Yaris 1,5L dijual antara Rp219 juta--Rp256 juta. Nilainya tergantung tipe dan sistem transmisi yang diinginkan.

“Harganya naik jauh karena spesifikasi dari Yaris yang lama jauh berbeda, ibaratnya ini satu kelas dibanding Yaris lama,” katanya di sela peluncuran All-New Yaris 1,5L, di Jakarta, Senin (17/3/2014).

Penambahan berbagai fitur serta penyesuaian terhadap fluktuasi perekonomian mendorong lonjakan harga tersbeut. Apalagi sejak pelemahan rupiah terhadap dolar AS di pertengahan 2013, hatchback yang dulunya diimpor dari Thailand ini belum pernah mengalami penyesuaian harga.

Selama ini, Toyota membeli Yaris secara utuh dari Thailand. Sejak pertengahan tahun lalu pengiriman dari Negeri Gajah Putih berhenti sehingga penjualan di Indonesia ikut mandeg. Tetapi, kini produksi All-New Yaris 1,5L berlangsung di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.

Aktivitas produksi berjalan mulai akhir bulan ini sejumlah 2.000 unit per bulan di Pabrik. Kegiatan produksi di Pabrik Toyota Karawang II, Jawa Barat memenuhi 60% komponen lokal pada diri All-New Yaris.

“Karena sudah dibuat lokal tentu ada pengurangan harga tapi karena penambahan fitur dan desain luar biasa dan Yaris belum pernah ada penyesuaian harga terhadap kurs, jadi lonjakan dari model lama besar,” ucap Rahmat.

Bahkan, sebetulnya Yaris model 2014 lebih mahal hingga Rp50 juta dibandingkan varian terdahulu. Namun, TAM selaku agen tunggal pemegang merek Toyota tak membebankan seluruh lonjakan harga ini ke harga jual.

Rincinya, All-New Yaris 1,5L tipe TRD Sportivo M/T dibanderol Rp245 juta dan A/T Rp256 juta. Tipe G M/T Rp227 juta dan A/T Rp237 juta. Sedangkan tipe E M/T senilai Rp219 juta dan Rp229 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper