Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Mulai Produksi Vios di Pabrik Karawang, Impor Disetop

Rencana PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi sedan All New Vios di Pabrik Toyota Karawang 2, Karawang, Jawa Barat, direalisasikan mulai hari ini.

Bisnis.com, KARAWANG--Rencana PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi sedan All New Vios di Pabrik Toyota Karawang 2, Karawang, Jawa Barat, direalisasikan mulai hari ini, Rabu (18/12/2013) dengan produksi awal 1.000 unit per bulan.

Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami mengatakan investasi untuk lokalisasi Vios tersebut mencapai Rp2,5 triliun. "Sebelumnya kami impor dari Thailand. Sekarang kami hentikan impor," ujarnya di Karawang, Rabu (17/12/2013).

Mulai 2014, selain Vios juga akan dilakukan lokalisasi produksi New Yaris 1,5 liter di Pabrik Karawang 2. Ketika itu, total kapasitas produksi TMMIN mencapai 250.000 unit per tahun.

Pabrik Karawang 2 terlebih dulu dipakai untuk memproduksi Toyota Etios Valco yang dirilis pada Maret 2013. "Sekarang kapasitas produksi pabrik itu masih 70.000 unit per tahun," ucap Nonami.

Artinya, seiring dengan kegiatan produksi Vios dan Yaris mulai tahun depan, kapasitas produksi di Karawang 2 bertambah menjadi 120.000 unit per tahun. Adapun Pabrik Karawang 1 berkapasitas 130.000 unit per tahun untuk produksi Kijang Innova dan Fortuner.

Pada fase awal produksi, TMMIN memfokuskan produksi Vios untuk kebutuhan di dalam negeri. Selanjutnya belum ada kepastian untuk mengekspor sedan ini pada tahun-tahun mendatang meskipun kemungkinan itu tetap ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper