Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Tutup Tahun, Mobil Bekas Laris Manis

Menjelang tutup tahun, penjualan mobil bekas meningkat signifikan menjelang tutup tahun ini, terdorong sejumlah fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen.
/Kelik Taryono
/Kelik Taryono

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang tutup tahun, penjualan mobil bekas meningkat signifikan menjelang tutup tahun ini, terdorong sejumlah fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Pemasaran Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan dalam setelah bulan Desember 2013, angka penjualan mencapai 2.000 unit. Angka penjualan tersebut memuluskan tercapainya target penjualan bulanan rata-rata 2.500 unit.

“Penjualan mobil bekas meningkat antara lain karena dipicu harganya yang relatif stabil tidak banyak terpengaruh oleh gejolak nilai tukar rupiah dan berbagai kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen,” katanya di Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Permintaan pasar mobil bekas, menurutnya, sebagain besar berasal dari kategori kendaraan perkotaan seperti jenis city car, hatchback dan multi purpose vehicle.

Harga kendaraan bekas untuk tahun pembuatan 2012 di antaranya Camry seharga Rp350 juta, Forturner Rp340 juta-Rp345 juta, dan Pajero Sport Rp240 juta. Adapun Avanza dan Xenia sekitar Rp75 juta-Rp85 juta untuk tahun pembuatan 2004.

Dia menjelaskan besaran harga mobil bekas yang cukup kompetitif tidak terpengaruh oleh maraknya diler dan agen tunggal pemegang merek menawarkan potongan harga secara besar-besaran menjelang tutup tahun ini.

Kondisi penjualan mobil bekas sempat menurun pada November 2012 menjadi hanya 2.250 unit, atau di bawah target 2.300-2.500 unit.

“Pertumbuhan penjualan mobil bekas menjelang akhir tahun ini, kemungkinan juga berkaitan erat dengan banyaknya konsumen menerima bonus akhir tahun yang langsung digunakan untuk menambah anggaran membeli mobil,” ujarnya.

Pertumbuhan penjualan mobil bekas juga tidak terlepas dari fasilitas kredit murah dengan bunga rendah 7,25%, dan tenor panjang hingga 5 tahun, yang ditawarkan oleh sejumlah lembaga keuangan.

Dengan memanfaatkan fasilitas kredit murah tersebut konsumen membawa uang Rp20 juta sebagai down payment sudah bisa membawa pulang mobil bekas yang diinginkan, misalnya jenis city car seharga Rp130 juta-Rp200 juta.

“Transkasi mobil bekas dengan fasilitas kredit murah tersebut prosesnya hampir sama dengan pembelian mobil baru, yang oleh agen tunggal pemegang merek dan diler diberikan diskon cukup tinggi,” katanya.

Menurutnya kendaraan paling banyak dicari konsumen ialah mobil bermesin kecil, dan mobil disel seperti Toyota Innova, Fortuner dan Pajero Sport karena banyak konsumen mempertimbangkan bahan bakar solar akan tetap disubsidi.

Dia menjelaskan perdagangan mobil bekas di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta akan berlangsung hingga tutup tahun, termasuk pada hari libur perayaan Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper