Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Penjualan Mobil di Indonesia Lampaui Thailand

Penjualan mobil di kawasan Asia Tengara meningkat 4,9% selama Januari-Oktober 2013 dibandingankan periode 2012.

Bisnis.com, JAKARTA--Penjualan mobil di kawasan Asia Tengara meningkat 4,9% selama Januari-Oktober 2013 dibandingkan periode 2012.

Federasi Otomotif Asean mencatat selama 10 bulan pertama tahun ini jumlahnya mencapai 2,96 juta unit, tahun lalu baru 2,82 juta unit.

Penjualan di Indonesia baru 1,02 juta unit setara 34,52% pangsa pasar sedangkan wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) di Thailand sudah mencapai 1,12 juta unit atau sekitar 38% market share.

Walaupun penjualan di Indonesia lebih kecil tapi angka tersebut menunjukkan adanya pertumbuhan 10,5% terhadap Januari-Oktober 2012 sejumlah 923.057 unit.

Thailand justru merosot 1,8% dari 1,14 juta unit.

Pelemahan pasar otomotif Thailand pada September rupanya berlanjut menyebabkan volume penjualan hanya berkisar di 90.000-an unit.

Namun yang terjadi di dalam negeri sebaliknya, sales melampaui 100.000 unit.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto berpendapat tren penguatan industri otomotif RI terhadap Thailand bisa berlanjut.

Namun potensi ini tergantung iklim politik Negeri 1000 Pagoda serta kondisi makro ekonomi dalam negeri.

"Kalau politik di Thailand terus meruncing, penjualan kita bisa melampaui mereka. Tapi kita juga harus berhati-hati karena ada pelemahan pertumbuhan ekonomi, suku bunga bank naik, rupiah melemah ini bisa membuat harga mobil naik," ucapnya, Minggu (8/12/2013).
 
Sebagai perbandingan, wholesales di dalam negeri 112.038 unit pada Oktober. Sedangkan di Thailand cuma terjual 88.989 unit, jumlah ini melorot hingga 37,7% terhadap Oktober 2012 sejumlah 142.839 unit.

Ke depan nampaknya bakal muncul pesaing baru di industri otomotif Asia Tenggara, yakni Vietnam.

Meski volume penjualan di sana belum sekencang Thailand, Indonesia, atau Malaysia tapi pertumbuhannya cukup pesat.

Asean Automotive Federation (AAF) mencatat adanya growth 22,7% menjadi 77.723 unit (Jan-Okt 2013) dari 63.327 (Jan-Okt 2012). Ini merupakan pertumbuhan tertinggi di Asia Tenggara.

"Kami tidak bisa bilang Vietnam akan jadi pesaing langsung Indonesia. [Walau pertumbuhan mereka tinggi] tapi penjualannya masih kecil," tutur Jongkie.

Pengamat dan pemerhati senior otomotif Suhari Sargo menilai meski beberapa bulan terakhir penjualan otomotif RI menguat terhadap Thailand tapi ke depan tetap berpotensi kembali tertinggal.

"Indonesia sejak September ada peluncuran LCGC, ini menjadi pendorong sedangkan di Thailand ada krisis politik yang menghambat penjualan. Tapi di Thailand infrastrukturnya sudah lebih baik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper