Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Kendaraan Makin Kuat di Luar Jabodetabek

Penyebaran pasar kendaraan cenderung meluas ke berbagai daerah di Tanah Air, tidak hanya tekonsentrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi mencapai 50% dari total penjualannya.

Bisnis.com, JAKARTA-Penyebaran pasar kendaraan cenderung meluas ke berbagai daerah di Tanah Air, tidak hanya tekonsentrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi mencapai 50% dari total penjualannya.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, agen tunggal pemegang merek Honda, mengatakan penyebaran pasar tersebut terutama dialami kendaraan segemen tertentu seperti mobil low multi purpose vehicle dan low cost green car.

“Permintaan pasar kendaraan low MPV dan LCGC dari daerah semakin meningkat, sehingga mengurangi sekitar 5%-7% dari pasar kendaraan di Jakarta dan sekitarnya yang selama ini mencapai lebih dari 50%,” katanya di Jakarta, Senin (11/11/2013).

Dia memberikan contoh permintaan mobil murah prolingkungan Honda Brio Satya sejak diluncurkan pada September hingga akhir bulan lalu mencapai 2.500-3.000 unit itu banyak dari  daerah sehingga untuk pasar Jakarta dan wilayah sekitarnya menjadi kurang dari 50%.  

Namun demikian, potensi pasar kendaraan di Jakarta dan wilayah sekitarnya tetap dipertahankan, atara lain melalu berbagai kegiatan promosi, seperti yang diselenggarakan oleh PT Imora Motor Honda Jakarta Center, selaku diler utama Honda untuk wilayah Jabodetabek.

Daya Hansten, Chief Marketing and Promotion Honda Jakarta Center, mengatakan salah satu strategi mendongkrak penjualan Honda di Jabodetabek digelar promosi fitur keselamatan dan efisensi bahan bakar bertajuk Smart Drive With Honda-Eco Friendly and Safety for Everyone.

“Memiliki kendaraan yang dapat memberikan tingkat keselamatan tinggi dan hemat bahan bakar tentunya merupakan impian bagi masyarakat Indonesia di tengah kenaikan harga BBM dan banyak terjadinya kecelakaan yang merenggut nyawa pengendara dan penumpang,” ujarnya.

Melihat fenomena tersebut, lanjutnya, Honda mengedukasi masyarakat tentang bagaimana berbagai fitur seperti G-CON, ACE, SRS Airbags, ABS+EBD+BA, VSA, Pretensioner, load limit seatbelt, Eco Assist dan Econ button dapat memberikan sensasi berkendara yang aman, nyaman, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Dia menjelaskan kontruksi bodi Honda berteknologi G-Force Control Technology (G-CON) sehingga sangat protektif, menyerap dengan efektif sebagian besar energi yang diakibatkan saat terjadi benturan dari berbagai sisi dan meminimalkan kerusakan pada kabin penumpang.

Kerangka bodi terbuat dari panel baja regangan tinggi (high tensile steel) ditambah batang pelindung baja di setiap pintu yang memungkinkan penumpang tidak terhimpit rangka bodi dan terhindar dari cedera parah akibat benturan keras saat kecelakaan. 

Selain itu, imbuhnya, dengan pengaktifan Econ button lebih memastikan ECO Assist atau indikator hijau di dekat speedometer tetap menyala, maka pengemudi diarahkan untuk berkendara lebih efisien dan dibantu untuk menghematan bahan bakar hingga 20%.  (ra)

Hansten juga mengatakan berbagai promo seperti free rear camera diberikan kepada pembeliaan Jazz type E dan Freed, serta free V-Kool untuk pembelian CRV, Freed, City, Civic, CRZ, Odyssey, dan Accord serta garansi tiga tahun dan berbagai hadiah langsung.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper