Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mobil Murah Suzuki Karimun Wagon R Akhirnya Meluncur Hari Ini

Bisnis.com, JAKARTA—Suzuki akhirnya ikut serta dalam program mobil murah dengan memperkenalkan Wagon R sebagai senjata untuk melawan empat merek lain yang sudah diluncurkan, yakni Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Datsun Go.
- Bisnis.com 19 September 2013  |  07:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Suzuki akhirnya ikut serta dalam program mobil murah dengan memperkenalkan Wagon R sebagai senjata untuk melawan empat merek lain yang sudah diluncurkan, yakni Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Datsun Go.

Mobil murah Wagon R, yang masih mengusung nama legendaris Karimun, disebut Suzuki sebagai mobil SUPER, singkatan dari Spacious, Useful, Practical, Eficient, Reasonable).

Karimun merupakan nama lokal yang sudah digunakan Suzuki untuk model citycar sebelumnya. Penggunaan nama lokal ini merupakan salah satu syarat untuk memperoleh insentif low cost green car (LCGC), selain lokalisasi produksi, efisiensi bahan bakar minimal 20 km/liter, dan harga di bawah Rp100 juta.

Mobil ini akan diperkenalkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang digelar mulai hari ini, Kamis (19/9), hingga 29 September.

Kabar mengenai kehadiran mobil murah Suzuki ini sudah bocor ketika Bisnis.com mengetahui pendaftaran tipenya di Kementerian Perindustrian pada Juni lalu.

Mobil itu didaftarkan oleh PT Suzuki Indomobil Motor, agen tunggal pemegang merek mobil Suzuki, untuk tiga tipe kategori penumpang 4x2 bermesin 1.000 cc dengan kode Suzuki AIJ30F GA, AIJ30F GL, AIJ30F GX pada 11 Juni 2013 di.

Ketiga mobil itu sudah mengantongi tanda pendaftaran tipe dari Kemenperin pada 20 Juni 2013. Berdasarkan data Kemenperin, Suzuki Indomobil Motor berencana memproduksi 9.842 unit mobil yang belum diketahui namanya itu, terdiri dari 480 unit tipe GX, 3.796 unit tipe GL, dan 5.566 unit tipe GA.

Dari data produksi itu dapat diketahui bahwa GA merupakan tipe standar citycar itu, GL tipe medium, dan GX tipe paling atas. Suzuki seharusnya mencantumkan nama lokal jika ingin mengikutsertakan mobil itu dalam program LCGC.

Suzuki Karimun Wagon  R mirip dengan Maruti Wagon R yang sudah dipasarkan di Indonesia. Mobil yang juga disebut si Mata Biru ini menggunakan mesin K10B kapasitas 988 cc, yang dikenal irit bahan bakar. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga puncak 67 bhp pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 90 Nm pada 3.500 rpm.

Dengan demikian, dari sisi kapasitas mesin, Karimun Wagon R akan bertarung langsung dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Namun, sosoknya agak berbeda karena merupakan citycar seperti Karimun generasi sebelumnya, daripada sebuah hatchback.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iims mobil murah ayla agya Suzuki Wagon R
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top