ALL NEW NISSAN GRAND LIVINA: Lebih Sporty & Efisien

BISNIS.COM, JAKARTA--Saya merasakan sensasi yang berbeda saat melakukan first drive All New Nissan Grand Livina di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, pada Mei lalu.Hal ini disebabkan karena setiap peserta harus melalui
Emanuel Tome Hayon | 16 Juni 2013 06:41 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Saya merasakan sensasi yang berbeda saat melakukan first drive All New Nissan Grand Livina di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, pada Mei lalu.

Hal ini disebabkan karena setiap peserta harus melalui empat pengalaman berbeda untuk mengenal produk baru tersebut.

Awalnya adalah melihat static display area. Saya dan 20 lebih peserta lainnya melihat perubahan desain eksterior dan interior dari MPV tersebut. Kesannya lebih sporty.

Kami juga mendatangi dengan comfort test area, yakni merasakan kenyamanan optimal berkendara serta economical test area, untuk mengetahui tingkat efi siensi penggunaan bahan bakar.

Perfomance test area, menjadi lokasi terakhir, untuk melihat akselerasi dan pengereman. Pada sesi pertama, peserta
diberi varian bertransmisi manual. Menurut saya, mesin tidak berisik dan berkesan senyap. Saya juga melakukan
aksi zig zag, tetapi gerakan itu tak banyak mengubah posisi duduk. Kesan saya sangat stabil.

Di sisi lain, untuk varian otomatis, tarikan awal lebih tenang, namun tak bisa dibilang lambat untuk mencapai 2.000 rpm. Keunggulan visibilitas lainnya ditunjukkan dengan fi tur sensor parkir, lengkap dengan rear camera yang terhubung pada LCD panel.

Tentunya, ini untuk memaksimalkan posisi parkir. Grand Livina juga menggunakan mesin baru dengan tipe HR15DE yang
mengimplementasikan teknologi dual- injection dengan twin VTC. Mesin itu berfungsi untuk memberikan efi siensi bahan bakar, yang meningkat 4 % dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selain itu, teknologi tersebut dapat menghasilkan torsi yang lebih baik terutama pada kecepatan rendah hingga menengah.

MERAMAIKAN PERSAINGAN

All New Nissan Grand Livina akan meramaikan persaingan setelah pasar juga menyambut kehadiran Suzuki Ertiga.

Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin 1.373 cc, DOHC, 4 silinder segaris dengan teknologi VVT (variable valve timing). Baik Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina sama-sama mampu menampung tujuh penumpang sekaligus dalam satu perjalanan.

Soal harga, Suzuki Ertiga dibanderol dengan harga mulai Rp146 juta, Sedangkan Nissan Grand Livina berada di kisaran Rp165 juta . Namun, itu juga tergantung tipe. Suzuki Ertiga GL double blower berada di kisaran Rp160,8 juta sedangkan Nissan Grand Livina SV diharga Rp178 juta.

Pada bulan lalu, Suzuki Ertiga pun meluncurkan tipe transmisi otomatis, dengan pelbagai kelebihan. Salah satunya bisa dilihat dari integrated audio 2 DIN system dengan koneksi USB dan tombol kontrol audio yang menyatu dengan setir. Tak hanya itu, tilt steering, panel multi information serta kabin yang luas, juga menjadi unggulan yang ditawarkan kepada konsumen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nissan, all new grand livina

Editor : Sepudin Zuhri
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top