Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrikan Mobil Jerman Terperangkap Dalam Perang Dagang AS vs China

Pembuat mobil Jerman BMW (BMWG.DE) dan Daimler (DAIGn.DE) berada di bawah tekanan yang meningkat untuk mendiversifikasi produksi kendaraan SUV (SUV) di luar Amerika Serikat sebagai akibat dari ketegangan perdagangan yang tumbuh di Washington dengan China.
Logo BMW. /REUTERS
Logo BMW. /REUTERS

Bisnis.com, FRANKFURT - Pembuat mobil Jerman BMW (BMWG.DE) dan Daimler (DAIGn.DE) berada di bawah tekanan yang meningkat untuk mendiversifikasi produksi kendaraan SUV di luar Amerika Serikat sebagai akibat dari ketegangan perdagangan yang tumbuh di Washington dengan China.

Pajak 25% yang diusulkan Beijing atas ekspor pabrik mobil AS akan mencapai hampir 270.000 kendaraan, dengan pembuat mobil Jerman menguasai US$7 miliar dari total US$$11 miliar.

"Ini adalah pajak di Jerman Selatan, bukan AS," analis di Evercore ISI mengatakan pada Kamis (5/4/2018) seperti dikutip Reuters. "Tarif otomatis tambahan sebesar 25% akan mewakili dampak tarif negatif US$1,73 miliar yang diarahkan ke Jerman Selatan oleh China."

BMW, eksportir kendaraan terbesar dari Amerika Serikat dalam hal nilai, memiliki pabrik terbesar di Spartanburg, North Carolina dan menghadapi dampak US$965 juta dari tarif, dengan Daimler terkena US$765 juta hit, kata ISI Evercore.

Perusahaan membuat kendaraan sport X3, X4, X5, X6 dan X7 di Spartanburg, dan sengketa perdagangan hanya akan menambah tekanan untuk memindahkan produksi model laris seperti X5 ke pasar di luar Amerika Serikat, sumber senior BMW mengatakan.

Akan tetapi setiap peralihan dari satu pabrik ke pabrik lain menghabiskan jutaan euro, membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dilaksanakan, dan diambil dengan pandangan jangka panjang, anggota dewan BMW Peter Schwarzenbauer mengatakan bulan lalu.

“Kami harus membuat keputusan, seperti tentang pabrik di Spartanburg atau pabrik di Meksiko, yang didasarkan pada cakrawala 20--30 tahun. Jika kami mengubah strategi kami setiap kali ada tweet yang keluar, kami akan menjadi gila,” katanya kepada Reuters.

Pabrikan Mobil Jerman Terperangkap Dalam Perang Dagang AS vs China

Interior Vision Mercedes-Maybach 6 tampak di pameran tahunan Daimler di Berlin, Jerman, 5 April 2018. /REUTERS

Buruk Bagi Semua

Sekitar 18% dari semua BMW yang dijual di pasar mobil terbesar dunia diekspor dari Spartanburg tahun lalu, total 100.203 mobil dan produsen mobil memperingatkan bahwa eskalasi lebih lanjut dari deretan perdagangan "akan berbahaya bagi semua pemangku kepentingan".

China telah mengancam untuk menggandakan tarif menjadi 50% pada mobil impor dan barang buatan AS lainnya untuk membalas terhadap tarif yang diusulkan Presiden AS Donald Trump pada sejumlah produk termasuk kendaraan dan suku cadang otomotif.

"BMW Group berdiri untuk perdagangan bebas di seluruh dunia: Perusahaan kami memiliki jaringan produksi global dan pasar penjualan global," tambahnya dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam.

BMW tahun ini diam-diam menghentikan ekspor X3 dari Amerika Serikat ke China di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan, memindahkan jejak produksi X3 ke pabrik di Rosslyn, Afrika Selatan, dan lainnya di Shenyang, China.

"Tiga puluh lima persen dari mereka (kendaraan) yang diekspor ke China adalah BMW X3, yang tidak lagi diekspor dari Spartanburg ke China," kata BMW.

Langkah untuk meningkatkan kapasitas produksi di China juga berasal dari pengetatan persyaratan oleh regulator China untuk meningkatkan sumber komponen dari pemasok lokal.

Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz, menolak memberikan angka ekspor spesifik dari Amerika Serikat ke China dan mengatakan: “Kami tidak berspekulasi tentang negosiasi yang sedang berlangsung. Kami tentu saja memantau situasi dengan cermat.”

Perusahaan lain yang akan terpengaruh termasuk Tesla (TSLA.O), yang mengirimkan sekitar 15.000 mobil per tahun ke China dari pabriknya di California dan Ford (F.N).

Keputusan tentang apakah dan di mana harus mengalihkan produksi kendaraan dapat dipersulit oleh langkah-langkah untuk secara signifikan mengubah atau menarik diri dari Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang memungkinkan pengiriman tarif bebas kendaraan ke Amerika Serikat dari Meksiko dan Kanada.

Saham BMW diperdagangkan naik 0,55% ke 87,9 euro pada 1047 GMT, sementara saham Daimler naik 1,47% ke 69,12 euro. Keduanya adalah blue-chip Jerman di pada Indeks DAX.GDAXI, yang 1,9% lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper