Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Berkendara Eco-Driving Agar Ramah Lingkungan

Salah satu solusi Pemerintah Jepang untuk menurunkan emisi karbon adalah melalui kampanye berkendara ramah lingkungan atau biasa dikenal dengan sebutan Eco-Driving.
Ilustrasi menyetir/
Ilustrasi menyetir/

Bisnis.com, SHIZUOKA- Salah satu solusi Pemerintah Jepang untuk menurunkan emisi karbon adalah melalui kampanye berkendara ramah lingkungan atau biasa dikenal dengan sebutan Eco-Driving.

Lalu bagaimana caranya berkendara yang ramah lingkungan? Dalam paparan Toyota Motor Corporation di acara Toyota Technology Media Trip 2016, dijelaskan sejumlah cara mengemudi ala Eco-Driving. Pertama, tingkatkan kecepatan kendaraan secara perlahan atau tidak terburu-buru.

Kedua, jagalah kestabilan kecepatan dan jarak aman dengan kendaraan lain.

Ketiga, perlambat kecepatan dengan melepas pedal gas, tidak dengan menginjak rem dan pedal gas secara bersamaan.

Keempat, pergunakan pendingin ruangan seperlunya. Kelima, jangan panaskan mesin mobil atau membiarkan mesin menyala saat mobil tidak digunakan.

Keenam, siapkan rencana perjalanan dengan baik dan hindari rute-rute yang padat. Ketujuh, cek tekanan angin ban secara teratur dan bawalah barang bawaan seperlunya dan tidak berlebihan.

Kedelapan, patuhi aturan parkir dan rambu lalu lintas, serta yang terakhir selalu periksa dan baca indikator hemat bahan bakar.

Adapun, seperti dijelaskan Morio Owaki, Vice President Toyota Motor Asia-Pacific, target penurunan emisi karbon di Jepang adalah sebesar 26% pada 2030 di bawah level periode 2013, atau turun dari 225 Mt menjadi 163 Mt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maftuh Ihsan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper