Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Berkendara di Jalan Berpasir dan Tertimbun Abu Vulkanik

Erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur menyisakan ratusan juta meter kubik material abu vulkanik, yang menutup jalan. Berikut tips berkendara di atas jalanan berpasir.
Jalan ditutup abu vulkanik akibat erupsi Gunung Kelud/Antara
Jalan ditutup abu vulkanik akibat erupsi Gunung Kelud/Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur menyisakan ratusan juta meter kubik material abu vulkanik. Muntahan gunung ini melanda hampir sebagian besar kota di Jawa yang tentu dapat menggangu mobilitas masyarakat.

Jika hendak berkendara dalam kondisi jalan yang penuh pasir akibat erupsi gunung berapi, sebaiknya persiapkan diri dan kendaraan dengan baik agar perjalanan menjadi lancar.

Berikut beberapa tip berkendara di atas jalan berpasir, yang dirilis oleh PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor utama sepeda motor Honda Jatim dan NTT, Minggu (16/2/2014).

Persiapan pengendara:

1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat karena akan dibutuhkan tenaga ekstra untuk melintas medan berpasir.

2. Selalu menggunakan helm yang memiliki penutup mata yang baik, serta masker yg menutupi mulut dan hidung. Debu vulkanik tentu akan berbahaya bila terhirup masuk ke dalam paru-paru.

3. Gunakan sepatu yang lebih tinggi dan tidak hanya sekedar menutupi mata kaki. Namun, lebih baik menutup mata kaki hingga lutut, karena pasir mudah masuk ke dalam sepatu dan membuat kaki tidak nyaman.

Persiapan kendaraan :

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi bersih, butiran-butiran pasir akan menempel pada sendi-sendi motor yang bergerak dan akan mengamplas bagian-bagian itu. Untuk itu, setelah berkendara sebaiknya segera bersihkan motor dari pasir. Bersihkan saringan udara dan gunakan pembersih rantai yang baik tanpa menyebabkan pasir menempel pada rantai dan gear.

2. Pastikan motor dalam keadaan normal dan semua kelengkapan terpasang dengan baik, seperti :
 a. Lampu depan dan belakang, agar pengendara lain mengetahui keberadaan kita.
 b. Lampu sein, memudahkan pengendara lain mengetahui arah gerak kita.
 c. Kaca spion, untuk memudahkan kita memantau belakang.

3. Wajib memasang filter udara agar debu tidak masuk ke ruang bakar karena bila masuk akan menimbulkan kerak yang akan mengganggu proses pembakaran.

4. Jika mengetahui bahwa sebagian besar medan adalah pasir, turunkan tekanan ban dari sekitar 29 psi menjadi sekitar 20 psi. Ban yang sedikit kempes memiliki traksi yang sangat baik di atas pasir. Namun yang terpenting tidak menabrak benda-benda keras di atas pasir, seperti batu, kayu atau akar-akaran karena bisa membuat velg motor menjadi bengkok.

5. Periksa kesiapan rem, jaga kebersihan kampas rem dari pasir.

6. Jaga kebersihan rantai roda atau fanbelt CVT matik.

7. Selesai berkendara, segera bersihkan motor dari pasir.

Selain itu, buatlah road map, dan pastikan rute yang akan dilalui aman untuk dilewati. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang rute yang akan dilewati serta membuat beberapa rute alternative sebagai bagian dari road map-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper