Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengalaman Kendarai Tata Vista Berharga Rp129,9 juta

Seiring dengan kehadirannya di Indonesia, PT Tata Motors Distribusi Indonesia memberikan kesempatan kepada jurnalis merasakan kemampuan, ketangguhan, dan kelincahan Tata Vistan
Mobil Tata Vista/Antara
Mobil Tata Vista/Antara

Bisnis.com,JAKARTA-- Kecil, lincah, dan tangguh. Inilah kesan yang harus disematkan pada salah satu varianhatchback Tata Vista.

Baru diperkenalkan pada khalayak Indonesia, mobil produksi asal India ini memberikan sebuah pilihan yang tidak kalah menariknya dengan produksi mobi dari Jepang, Korea, Amerika, ataupun Eropa.

Seiring dengan kehadirannya di Indonesia, PT Tata Motors Distribusi Indonesia sebagai agen tunggal pemegang merek Tata di Indonesia memberikan kesempatan kepada beberapa jurnalis untuk merasakan kemampuan, ketangguhan, dan kelincahan 'si gesit' ini dalam kota Jakarta.

Mendapat pilihan Tata Vista berwarna merah dengan masih dibalut plat nomor berwarna putih, saya dan dua rekan media lain mencoba untuk mengeksplorsi ketangguhan mobil ini. Dari sisi eksteriornya, terkesan bahwa mobil ini dirancang dengan bentuk sporty dan lebih ramping.

Menyematkan performa stylish head lamp, Tata Vista tampil lebih garang dari depan. Selain itu, tampilan chrome grill yang terbujur di setiap sisi mobilnya menambah kesan mewah dan lebh ekslusif di kelasnya.

Adapun, lampu belakang yang ramping dan panjang membuat tampilan dari belakangnya lebih menarik, apalagi dilengkapi dengan spoiler yang lebih lebar dan berkesan lebih sporty. Selain itu, fog lamp yang bergaris dengan kesan modern membuat mobil ini imut tetapi elegan dari segi tampilan.

Di Indonesia, Tata Vista baru hadir dengan menggunakan transmisi manual dan belum ada transmisi matic. Alasan inilah yang membuat saya hanya merasakan Tata Vista dengan performa manual.

Dengan mengusung mesin berbahan bakar premium dan berkapasitas 1.400 CC, mobil ini lebih mulus dan berperforma dengan lincah baik dijalanan yang rata maupun tanjakan. Menggunakan transmisi manual dengan lima kecepatan, saya mencoba untuk menjajalnya di tengah jalanan rata di kawasan Sudirman. Memang terasa sangat lincah dan lebih halus disetiap perpindahannya.

Menurut pihak Tata Motors Indonesia, Tata Vista memiliki kemampan mesin 1.4000 CC, 16 V DOHC Safire. Dari performa mesin tersebut, Tata Vista mampu memberikan 90 PS tenaga maksimum pada 6000 rpm serta torsi sebesar 116 Nm pada 470 rpm yang bisa memacu adrenalin.

Keistimewaan lain Tata Vista dan produk Tata Motors lainnya adalah pada sistem keamanannya. Jika anda biasa menggunakan produk non Tata, biasanya ketika di starter mesin mobil langsung hidup.

Namun, pada produk Tata, anda wajib menginjak pedal kopling dan sedikit menginjak pedal gas. Saat itu dilakukan, mobil ini baru bisa melakukan starter dan mesinnya berfungsi. Saya kira ini adalah keutamaan Tata yang membuat mobil ini lebih aman dari pencurian yang akhir-akhir ini merajalela.

Sementara itu, dari tampilan interiornya, Tata Vista tidak kalah menarik. Dashboard yang berkesan lebih elegan dan sporty yang menggunakan warna terang membuat  mobil ini lebih gaul, apalagi kombinasi integrated adjustable headrest semakin membuat kesan staylish dan modern.

Dari sisi keamanan, Tata Vista sudah dilengkapi dengan dual airbag, baik di posisi pengemudi maupun penumpang depan. Dengan ruang yang luas, dimana ruang penyimpanan yang banyak memberikan kelegaan.

Audio mobil ini juga berkonsep integrated audio dimana terkoneksi dengan telpon, LED Screen, Aux, dan Bluetooth conection.   

Tata Motors  telah memiliki lima diler dengan pelayanan 3S (Sales, Service danSpareparts). Selanjutnya 4 diler lagi akan menyusul hadir pada bulan Desember 2013 dan secara total akan berdiri 15 diler pada bulan Maret 2014.

Dalam rencananya, ditargetkan akan ada 40 bengkel resmi tambahan hingga Maret 2014 yang lokasinya akan lebih mudah dijangkau jaraknya oleh konsumen yang membutuhkan perbaikan dan perawatan kendaraanTata Motors.

Dari segi harga, mobil ini terbilang murah. Dengan merogoh gocek Rp129,9 juta, Anda sudah bisa memiliki mobil ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper