Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spesifikasi BMW i5 Rp2,17 Miliar, Mobil Tamu Pelantikan Prabowo-Gibran

Spesifikasi BMW i5 seharga Rp2,17 miliar yang akan digunakan sebagai mobil tamu pelantikan Prabowo-Gibran.
Spesifikasi BMW i5, mobil tamu yang digunakan saat pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka/bmw
Spesifikasi BMW i5, mobil tamu yang digunakan saat pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka/bmw

Bisnis.com, JAKARTA - Mobil asal Jerman BMW i5 akan digunakan untuk kendaraan tamu kenegaraan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Berdasarkan pantauan Bisnis di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat pada Rabu (16/10/2024), setidaknya ada ratusan unit kendaraan yang terparkir dan akan digunakan oleh tamu kenegaraan. Salah satu di antaranya, ada BMW i5 yang harganya dibanderol mulai Rp2,17 miliar.

Adapun salah satu tamu kenegaraan yang menggunakan BMW i5 tersebut yakni berasal dari Uni Emirat Arab. Perlu diketahui, pada tiap unit mobil itu tertera nama-nama negara yang akan menghadiri pelantikan, di antaranya Malaysia, Vietnam, Singapura, Korea, Uni Emirat Arab, hingga Uni Eropa. 

Bahkan pada bagian pelat nomor masing-masing mobil itu juga tertera jabatan dari tamu kenegaraan yang akan hadir seperti menteri, anggota dewan, sampai protokoler.

Adapun, selain BMW i5, para tamu kenegaraaan juga akan menumpangi Mercedes-Benz S 450 seharga Rp2,9 miliar. Selanjutnya, terlihat beberapa unit model mobil mewah dari PT Toyota Astra Motor (TAM), yakni Toyota bZ4X seharga Rp1,19 miliar, Alphard (Rp1,4 miliar), Camry Hybrid (Rp945,4 juta), dan Fortuner 2,8 GR Sport (Rp761,7 juta).

Tak ketinggalan, ada juga Hyundai Ioniq 5 yang harganya dibanderol Rp713 juta, yang disulap menjadi mobil aparat kepolisian untuk mengamankan tamu negara pada saat pelantikan presiden dan wapres.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan sejumlah kendaraan yang terparkir di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), memang disiapkan untuk tamu negara VVIP dan VIP saat pelantikan Prabowo-Gibran pada 20 Oktober 2024 di Gedung MPR/DPR Senayan.

Kendati mobil-mobil tersebut memiliki banderol harga fantastis, Pratikno mengatakan bahwa pemerintah hanya dipinjamkan oleh para agen pemegang merek (APM) untuk digunakan tamu kenegaraan.

"Seperti halnya penyambutan tamu negara saat KTT, kendaraan-kendaraan tersebut pinjaman dari pemegang merek, kita hanya bayar biaya kargo dan asuransi," jelas Pratikno kepada wartawan.

Spesifikasi BMW i5

Menilik spesifikasinya, BMW i5 merupakan mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) jenis sedan. Mobil itu menggunakan baterai berkapasitas 81,2 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 582 kilometer.

BMW i5 memiliki konsumsi energi 15,9 kWh per 100 kilometer, selain itu, BMW i5 menawarkan fleksibilitas kepada penggunanya, karena baterainya dapat dicas di rumah maupun di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) 22kW A/C charing. 

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper