Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paus Naik Popemobile Jeep Putih, Sapa Ribuan Warga Timor Leste

Paus Fransiskus menyapa warga Timor Leste menggunakan mobil Jeep berwarna putih.
Paus Fransiskus saat memimpin perayaan ekaristi di  Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024). INDONESIA PAPAL VISIT COMMITEE/ AGUS SUPARTO
Paus Fransiskus saat memimpin perayaan ekaristi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024). INDONESIA PAPAL VISIT COMMITEE/ AGUS SUPARTO

Bisnis.com, JAKARTA - Paus Fransiskus menyapa warga Timor Leste menggunakan mobil Jeep berwarna putih.

Popemobile - sebutan untuk kendaraan yang didesain khusus untuk digunakan Paus - berbasis Jeep tercatat pernah digunakan Sri Paus dalam kunjungan kenegaraannya.

Berdasarkan pantauan Bisnis di kanal YouTube Vatican News, Senin (9/9/2024), Paus Fransiskus menaiki Jeep dengan bak terbuka yang sedikit dimodifikasi dengan menambahkan kursi di bagian belakang. Duduk di kursi tersebut, Sri Paus menyapa ribuan warga Timor Leste berdiri di pinggir jalan. 

Paus Naik Popemobile Jeep Putih, Sapa Ribuan Warga Timor Leste

Popemobile yang digunakan Paus Fransiskus setelah tiba di Timor Leste / Tangkapan layar YouTube Vatican News

Diberitakan sebelumnya, beredar foto di media sosial yang menunjukkan mobil Toyota Sienta berpelat SCV 1.

Melansir laman Indonesia.go.id yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), SCV merupakan singkatan dari bahasa Latin yakni Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Kota Vatikan. 

Sejarah Popemobile

Dilansir dari museivaticani.va, mobil off-road putih digunakan oleh Paus untuk perjalanan singkat dan agar terlihat oleh banyak orang, muncul pada 1976 dan digunakan secara sporadis oleh Paus Paulus VI. Saat itu belum dikenal istilah Popemobile.

Paus Yohanes Paulus I tidak pernah menggunakannya, sementara Paus Yohanes Paulus II, yang menolak menggunakan kursi sedan, langsung menyukainya.

Oleh karena itu, contoh pertama Popemobile adalah Toyota Land Cruiser, diikuti oleh Fiat Campagnola, yang sayangnya dikaitkan dengan upaya pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II di Lapangan Santo Petrus pada 13 Mei 1981.

Segera setelah upaya pembunuhan tersebut, tingkat keamanan dan perlindungan pribadi untuk Bapa Suci ditingkatkan dan versi baru popemobile berlapis baja pun muncul.

Popemobile model terakhir adalah Land Rover Santana dan Mercedes-Benz 230 GE yang mulai digunakan pada 1983 dan 1990, dan tetap beroperasi hingga 2002.

Dilansir dari Britanica, berikut ini adalah beberapa merek lain mobil yang dimodifikasi menjadi Popemobile yakni Jeep, Fiat, Kia, dan Hyundai.

'Popemobile' Toyota Zenix dan Raize 

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Pemerintah RI telah menyiapkan popemobile dengan basis Maung MV3 besutan PT Pindad. Namun, Paus Fransiskus memilih untuk menggunakan mobil yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia yakni Toyota Kijang Innova Zenix.

Meskipun demikian, Sri Paus tetap menggunakan popemobile Maung MV3 dalam prosesi arak-arakan di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang diakhiri dengan memimpin Ekaristi Kudus. 

Setelah ramai pakai Innova Zenix saat kunjungan di Indonesia, Paus Fransiskus memakai mobil sederhana lainnya yakni Toyota Raize selama kunjungan Apostolik di Papua Nugini.

Seperti di Indonesia, Pope pun duduk di depan di samping kemudi sopir. Nomor pelat mobilpun sama dengan di Indonesia yakni SCV 1 dengan bendera vatikan di depan mobil.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper