Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Maung Pindad: Diresmikan Jokowi, Dipakai Prabowo-Gibran hingga Paus Fransiskus

Kendaraan taktis Maung Pindad dipakai Paus Fransiskus saat Misa Akbar di GBK hari ini. Rantis ini diresmikan Jokowi dan dipakai Prabowo Gibran saat ke KPU.
Popemobile buatan PT Pindad (Persero) yang akan digunakan Paus Fransiskus di Jakarta/Istimewa
Popemobile buatan PT Pindad (Persero) yang akan digunakan Paus Fransiskus di Jakarta/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kendaraan taktis besutan PT Pindad (Persero), Maung, menjadi buah bibir karena akan dipakai oleh Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Maung MV3 Pope Mobile, begitu disebut, akan digunakan Paus Fransiskus untuk mendukung perjalanan operasional saat misa yang akan dihadiri sekitar 90.000 umat Katolik pada hari ini. 

Perlu diketahui, Maung Pindad merupakan kendaraan taktis (rantis) yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Kendaraan itu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 18 Januari 2023 untuk kendaraan operasional satuan (ranops) TNI 4×4 WD terbaru. Saat peresmian itu, rantis dinamai ‘Maung’ dengan ditandai pemecahan kendi oleh Jokowi. 

Maung yang akan digunakan oleh Paus Fransiskus ini merupakan kendaraan generasi ketiga. Pada generasi ketiga ini, rantis banyak melakukan pengembangan dibandingkan dua generasi keduanya.

Kelebihan utama terletak pada badan mobil yang berbentuk Jeep sehingga membuatnya lebih tangguh bermanuver di berbagai medan ekstrem. Kendaraan ini memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 65%.

Prabowo mendorong penggunaan kandungan lokal terus untuk kendaraan ini. Menurut Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose Prabowo sejak awal menjabat Menhan terus mendorong peningkatan kendaraan taktis.

“Ini adalah ide inovatif dari Pak Menhan. Sejak tahun awal menjadi Menhan, beliau bertanya soal tactical vehicle 4×4. Kemudian Pindad membuatnya, beliau beri nama Maung. Itu versi yang pertama sekali,” ungkap Abraham saat peresmian tahun lalu.

Saat peresmian, Jokowi terlihat bersama Prabowo menggunakan kendaraan rantis ini dengan pelat nomor berwarna merah bertuliskan ‘Indonesia 1’.

Fakta Maung Pindad: Diresmikan Jokowi, Dipakai Prabowo-Gibran hingga Paus Fransiskus

Prabowo-Gibran Gunakan Maung untuk Daftar KPU

Pada saat pendaftaran peserta calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menggunakan Maung Pindad ke KPU pada 25 Oktober 2023.

Mereka menggunakan Maung Pindad berwarna hijau army dengan dihiasi daun kelapa muda. Prabowo-Gibran menggunakan baju berwarna biru muda saat mendaftar ke KPU.

Kala itu, Prabowo mengaku bangga bisa naik Maung Pindad, sebagai mobil pertama karya anak bangsa. "Kami sangat bangga, kami diantar di atas mobil pertama buatan anak-anak Indonesia,," ujarnya di sela-sela acara pendaftaran ke KPU tahun lalu.

Dahnil Anzar Simanjuntak, Juru bicara Prabowo Subianto, sebelumnya menyampaikan bahwa mobil Maung buatan Pindad itu adalah milik pribadi yang sengaja disiapkan untuk pendaftaran ke KPU.

Fakta Maung Pindad: Diresmikan Jokowi, Dipakai Prabowo-Gibran hingga Paus Fransiskus

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat mendaftar ke KPU sebagai kontestan Pilpres 2024./Antara

Maung Pindad Digunakan Paus Fransiskus

Kendaraan Maung Pindad yang akan digunakan Paus Fransiskus didesign khusus untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus saat misa di GBK.

Abraham mengatakan penggunaan Maung merupakan suatu kehormatan bagi PT Pindad karena produk kendaraannya dipercayai oleh Paus Fransiskus untuk mendukung kegiatan Misa Akbar di GBK.

“Terimakasih kepada Vatikan beserta panitia kunjungan keagamaan beliau di Indonesia yang telah mempercayai Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi Pope Mobile yang digunakan Paus pada Misa Akbar di GBK,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Bisnis, Rabu (4/9/2024).

Maung MV3 Pope Mobile berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan, dilengkapi bendera dan segel Vatikan serta plat nomor "SCV1" yang merupakan singkatan dari “Status Latin Civitatis Vaticanae” (Negara Kota Vatikan).

Adapun modifikasi dan fitur yang ditambahkan pada Maung MV3 Pope Mobile yaitu penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan, sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

Spesifikasi umum kendaraan Maung MV3 Tangguh menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

MV3 - Maung Tangguh yang digunakan merupakan varian dengan atap terbuka, dapat mengangkut 4 orang personel.  Kendaraan ini juga tersedia dengan varian lainnya yakni Maung MV3 Komando yang dilengkapi dengan atap Hard Top, dan Maung MV3 Jelajah yang dilengkapi dengan atap Soft Top.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hendri T. Asworo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper