Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Astra Recall bZ4X hingga Lexus, Ada Apa?

Toyota Astra (ASII) melakukan recall bZ4X hingga Lexus keluaran Desember 2022 hingga Agustus 2023.
Mobil SUV The All New Lexus RX - Lexus.
Mobil SUV The All New Lexus RX - Lexus.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) di bawah naungan PT Astra International Tbk. (ASII) melakukan recall atau penarikan kembali untuk model mobil listrik mewah bZ4X hingga beberapa model Lexus milik pelanggan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengimbau para pemilik bZ4X dan beberapa model Lexus keluaran Desember 2022 hingga Agustus 2023 untuk mendatangi bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat.

Kegiatan recall itu merupakan arahan dari prinsipal global untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian kamera depan (front view camera) dan kamera belakang (rear view camera) di kendaraan milik pelanggan.

"Workshop Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan front view camera dan rear view camera di kendaraan pelanggan dan selanjutnya melakukan penggantian kalau dibutuhkan dengan parts baru tanpa ada biaya apapun," ujar Henry dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (22/8/2024).

Henry pun mengakui, karena adanya proses pengelasan laser yang kurang optimal pada wadah kamera di supplier pada periode produksi tertentu, ada kemungkinan wadah kamera dapat terlepas apabila terkena tekanan eksternal dari waktu ke waktu sehingga memungkinkan air bocor ke dalam kamera. 

Jika keadaan ini terjadi dan tidak segera diperbaiki, sirkuit di dalam kamera dapat mengalami korsleting yang menyebabkan ketidakmampuan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan dengan baik.

Alhasil, pemilik Toyota bZ4X dan Lexus ES, LS, NX, dan RX dengan periode tahun produksi Desember 2022 – Agustus 2023, diminta agar dapat mendatangi bengkel resmi Toyota atau Lexus. 

Nantinya, para pemilik kendaraan yang terlibat, akan menerima pemberitahuan melalui surat dan dapat menghubungi bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk booking jadwal pemeriksaan.

Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam proses perbaikan front view camera dan rear view camera, untuk tahap pemeriksanan, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam. Jika diperlukan penggantian parts, maka akan memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga 4 jam untuk menyelesaikannya, tergantung model kendaraan. 

"Karena itu, Toyota dan Lexus mengimbau kepada pemilik kendaraan untuk menyediakan waktu yang cukup agar semua proses dapat berlangsung dengan lancar," pungkasnya.

Sebagai informasi, harga mobil listrik Toyota bZ4X tergolong premium, yakni dibanderol Rp1,19 miliar per unitnya. Sementara itu, harga Lexus RX mulai dari Rp1,65 miliar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper