Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Suplai 40 Mobil Listrik bZ4X untuk Pejabat VVIP HUT RI di IKN

Toyota menyuplai 40 unit mobil listrik Toyota bZ4X guna mendukung mobilitas rangkaian para pejabat VVIP pada HUT ke-79 RI di IKN
Toyota Suplai 40 Unit Mobil Listrik bZ4X untuk Pejabat VVIP HUT RI di IKN / Istimewa
Toyota Suplai 40 Unit Mobil Listrik bZ4X untuk Pejabat VVIP HUT RI di IKN / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyuplai 40 unit mobil listrik Toyota bZ4X guna mendukung mobilitas rangkaian para pejabat penting (VVIP) yang akan mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Sabtu (17/8/2024).

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengatakan perseroan merasa terhormat karena telah dipercaya untuk menghadirkan 40 unit Toyota bZ4X sebagai kendaraan rangkaian VVIP dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

"Partisipasi tersebut diharapkan dapat mendukung keinginan pemerintah Indonesia untuk mewujudkan mobilitas yang bebas polusi udara, sekaligus mendorong transformasi yang berkelanjutan dalam penggunaan mobil listrik," ujar Henry dalam keterangan resmi, Jumat (16/8/2024).

Perlu diketahui, Toyota bZ4X merupakan mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dengan harga yang tergolong premium mulai dari Rp1,19 miliar per unitnya.

Maka, tak heran jika pada upacara HUT RI ke-79 di IKN besok, Toyota bZ4X digunakan untuk mengantar tamu VVIP (Very-very Important Person) alias pejabat yang sangat penting.

Namun, dengan banderol harga yang premium tersebut, penjualan Toyota bZ4X masih minim. Data Gaikindo pada Juli 2024 mencatat penjualan Toyota bZ4X milik PT Toyota Astra Motors (TAM) hanya terjual sebanyak 2 unit. 

Adapun, Henry mengatakan pihaknya memastikan mobilitas Toyota bZ4X dapat berjalan mulus tanpa kendala di acara penting di IKN, dengan menyiapkan tim teknisi bersertifikat Toyota global yang terlatih dalam perawatan baterai EV Toyota. 

Sementara itu untuk kebutuhan pengisian ulang daya baterai sudah disediakan oleh PLN lewat fasilitas Ultra Fast Charger (UFC) 200 kW yang terbesar di beberapa titik di IKN dan kota-kota sekitarnya.

Sebelumnya, Toyota bZ4X juga kerap dijadikan kendaraan resmi dalam berbagai perhelatan bergengsi. Misalnya, pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Selanjutnya, bZ4X digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung dua kali. Seri 1 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9–11 Mei 2023, dan Seri 2 di Jakarta pada 5–7 September 2023. 

Kemudian, bZ4X juga mendukung mobilitas delegasi dari berbagai negara peserta KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Kawasan Nusa Dua Bali, 10-11 Oktober 2023. Terakhir pada 18-20 Mei 2024, total 130 unit Toyota bZ4X digunakan oleh para menteri dan delegasi negara peserta World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper