Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wuling Siap Luncurkan Confero Versi Hybrid, Calon Rival BYD M6?

Wuling bersiap meluncurkan model MPV berbasis listrik, calon pesaing BYD M6.
Pramuniaga melayani pengunjung di salah satu showroom mobil Wuling di Jakarta. Bisnis/Abdurachman
Pramuniaga melayani pengunjung di salah satu showroom mobil Wuling di Jakarta. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil asal China, Wuling siap meluncurkan model multi-purpose vehicle (MPV) berbasis listrik yang digadang-gadang bakal menyaingi BYD M6 yang ada di segmen serupa.

Melansir Carnewschina pada Rabu (14/8/2024), Wuling terus mengembangkan portofolio elektrifikasi di segmen MPV dengan meluncurkan versi mobil listrik dari model Wuling Confero yang dikenal sebagai Hongguang di China.

Mengacu pada katalog dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China, Wuling mempersiapkan model Hongguang EREV (Extended Range Electric Vehicles).

Jika menilik spesifikasinya, Hongguang EREV dilengkapi dengan mesin bensin 1.500 cc dan motor listrik berdaya 73 kW. Sistem EREV mengutamakan motor listrik sebagai sumber tenaga utama, sementara mesinnya berfungsi sebagai generator untuk menghasilkan tenaga listrik.

Jantung pacu model Hongguang itu menggunakan baterai berbasis Lithium Ferro-Phosphate (LFP) 8,5 kWh buatan Ningfu New Energy.

Dari segi ukuran bodi, dimensi Wuling Hongguang 2025 berukuran 4.515 mm x 1.725 mm x 1.790 mm, dengan jarak sumbu roda 2.850 mm. Di balik kap, Wuling Hongguang memiliki mesin LBH 1,5 liter dari Saike Tech.

Selain versi EREV, Hongguang juga akan tersedia dalam varian Battery Electric Vehicles (BEV). Kendati rincian spesifikasi lengkapnya masih belum tersedia, bocoran informasi menunjukkan bahwa Hongguang BEV dapat menempuh jarak hingga 300 kilometer.

Dari segi tampilan, Wuling Hongguang EREV memiliki eksterior yang selaras dengan varian elektrik dan versi bahan bakar internal combustion engine (ICE).

Desain terbaru menampilkan tampilan yang lebih halus dan minimalis, termasuk kaca depan yang lebih besar. Versi bahan bakar dan EREV memiliki bukaan pembuangan panas di gril, sementara versi listrik murni memiliki bagian depan yang tertutup sepenuhnya.

Bagian belakang mobil tetap mengusung desain minimalis dengan lampu belakang vertikal dan pintu belakang besar yang memudahkan proses bongkar muat. Desain belakang yang serupa membuat sulit membedakan antara model bahan bakar, EREV, atau listrik murni hanya dari tampilan belakangnya.

Spesifikasi Mobil BYD M6

Sementara itu di Indonesia, PT BYD Motor Indonesia resmi meluncurkan model multi-purpose electric vehicle (MPEV) anyar, yakni BYD M6 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 bulan lalu.

Menilik dapur pacunya, BYD M6 dibekali powertrain dengan tipe motor AC Permanent Magnet Synchronous Motor. Maksimum power yang dihasilkan sebesar 120 kW hinga 150 kW, sedangkan torsi maksimum sebesar 310 Nm.

Keunggulan lain dari BYD M6 adalah kemampuan pengisian daya yang cepat. Dengan kapasitas pengisian daya DC 170kW, M6 mampu mengisi daya hanya dalam 30 menit, dari keadaan 30% hingga 80% (SOC), memberikan tambahan daya yang memadai untuk kemudahan dan kenyamanan pengguna.

BYD M6 cukup dapat diandalkan untuh menempuh perjalanan jauh. Sebagai gambaran, mobil tersebut dapat melalui rute Jakarta-Bandung-Jakarta hanya dalam sekali isi daya penuh karena kapasitas baterainya sebesar 71,8 kWh dengan range hingga 530 km.

Berbicara mengenai harga, BYD M6 ini dibanderol dengan harga Rp379 juta untuk tipe standar tujuh kursi penumpang.

Sementara itu, untuk tipe superior dengan tujuh kursi penumpang dibanderol dengan harga Rp419 juta. Lalu, untuk tipe superior dengan enam kursi penumpang diharga seharga Rp429 juta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper