Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Ketatnya Prosedur Keselamatan di Shell Eco-Marathon 2024

Peserta Shell Eco-marathon Asia Pasific and the Middle East 2024 telah melewati prosedur keamanan ketat di Sirkuit International Mandalika.
Suasana antrean tes inspeksi teknis di Sirkuit International Mandalika pada Kamis (4/7/2023)./ BISNIS - Yanita Petriella
Suasana antrean tes inspeksi teknis di Sirkuit International Mandalika pada Kamis (4/7/2023)./ BISNIS - Yanita Petriella

“Baterai elektrik, secara spesifik, harus sesuai dengan desain kami serta pengecekan, seperti mengecek pemasangan kabelnya aman tanpa merusak baterainya, baterainya juga harus punya sistem internal yang dapat tahan di suhu apa pun, isolasinya harus benar, tidak meledak dan seterusnya,” katanya.

Paul menambahkan saat peserta berlatih dan bertanding dengan kendaraan prototype dan urban concept di lintasan, tim teknis pun telah menyiapkan sejumlah pos dengan marshal yang berjaga-jaga untuk memberikan bantuan jika peserta merasa tidak sanggup untuk melanjutkan. Pihaknya pun memiliki aturan untuk wajib mendinginkan kendaraan sehingga pengendara tidak boleh mengelilingi sirkuit dalam banyak putaran dan harus memiliki jeda.

“Itu akan berpengaruh terhadap efisiensi dan kami menyikapi itu dengan serius,” ucapnya.

Paul menuturkan dipilihnya kembali lokasi Sirkuit Mandalika sebagai tempat penyelenggaraan Shell Eco-marathon di Indonesia karena memiliki kondisi lintasan dan fasilitas yang sangat bagus serta dikenal dunia. Selain itu juga, pemilihan lokasi Mandalika agar lebih memudahkan tim pelajar asal Indonesia untuk berpartisipasi, belajar, dan menunjukkan bakat.

“Sejak 2022 kami adakan di Indonesia, kami lihat para pelajar semakin siap saat datang ke event ini. Mereka lebih paham aturan dan topiknya setiap tahun serta mendapatkan kesempatan belajar. Ini juga menjadi tantangan pihak sekolah dan universitas dimana melakukan transfer ilmu setiap tahunnya kepada anggota tim yang baru sehingga bisa memenangkan kompetisi,” tutur Paul.

Sementara itu, LH-EV Fuel Cell dari Universitas Lac Hong adalah tim pertama dari Vietnam yang berpartisipasi dalam kategori urban concept dengan sumber energi hidrogen sejak negara tersebut bergabung di kompetisi regional pada 2011. Manajer tim Truong Quoc Khanh mengatakan mahasiswa dari Universitas Lac Hong memiliki minat untuk merancang dan memproduksi mobil yang hemat bahan bakar.

“Kami melihat hidrogen sebagai bahan bakar masa depan karena lebih ramah lingkungan, memiliki banyak kegunaan, dan lebih efisien sebagai sumber energi, tetapi masih banyak tantangan di Vietnam dalam hal teknologi, produksi, penyimpanan, dan transportasi. Itulah mengapa kami memilih kategori ini tahun ini, untuk mendorong diri kami lebih jauh.” ujarnya.

Manager Tim Nakoela Arafa Maulana Abdillah menuturkan pihaknya berhasil menciptakan desain kendaraan futuristik yang sesuai dengan pedoman teknis kendaraan prototype.

“Ini sangat menantang bagi kami sebagai yang berkompetisi dalam kategori prototype,” katanya.

Pihaknya merancang kendaraan prototype menggunakan sumber energi bensin dan mengandalkan desain badan mobil yang sangat aerodinamis, memiliki sistem propulsi, dan kelistrikan yang efisien sehingga menghasilkan angka kehematan yang tinggi.

Sistem propulsi merupakan sistem penggerak setiap pesawat udara, udara sebagai fluida kerja diakserelasikan oleh sistem, dan reaksi dari akserelasi atau percepatan ini menghasilkan gaya dorong.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper