Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BYD Klaim Pesanan Mobil Listrik Lampaui Ekspektasi

BYD klaim memiliki antrian pesanan mobil yang besar. Data pengiriman mobil listrik BYD bakal tersedia setelah produsen asal China ini menjadi anggota Gaikindo.
BYD sponsor EURO 2024/ Istimewa
BYD sponsor EURO 2024/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT BYD Motor Indonesia mengklaim jumlah pesanan mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) mereka melampaui ekspektasi daripada merek asal China tersebut.

Salah satu tenaga penjual BYD jaringan dealer Haka Cibubur yang ditemui Bisnis pada 4 Juni 2024 mengatakan ada hampir 6.000 unit mobil listrik yang sudah dipesan dari dua rekanan untuk jaringan dealer, yakni Arista dan Haka.

Secara terperinci, antrean unit di Arista hampir menembus 5.000 unit mobil, sedangkan di Haka sekitar 1.000 unit. Pemesanan yang dilakukan saat IIMS 2024 baru bisa dikirim pada akhir Juni 2024. Sementara pemesanan yang dilakukan setelahnya baru dikirim sekitar Juli-Agustus 2024.

President Director PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao mengakui belum bisa memberikan informasi detil mengenai hal tersebut lantaran angka penjualan masih terus bergulir, dan perlu disusun dari para jaringan diler.

Dia menjelaskan angka pengiriman nantinya bisa dilihat pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo seiring BYD baru saja terdaftar sebagai anggota.

“Angka penjualan baru keluar di data Gaikindo untuk Juli 2024. Dari sisi ritel kadang sedikit sulit [karena proses] dari surat pemesanan kendaraan [SPK], sampai pengiriman kadang berbeda,” jelasnya di Jakarta, Jumat (22/6/2024).

Seiring dengan lamanya pengiriman unit, dia mengakui terdapat konsumen yang melakukan pembatalan pemesanan. Namun, hal ini diklaim sangat sedikit dari jumlah pesanan yang sudah dilakukan.

Adapun, sebanyak 1.500 unit mobil listrik BYD sudah siap dikirimkan kepada konsumen yang melakukan pesanan. Unit tersebut sudah tiba di lokasi gudang Pre Delivery Inspection (PDI).

Seiring proses importasi sudah mulai bergulir, Zhao mengatakan pengiriman produk daripada BYD dioperasikan dengan baik, dan efisien.

“Kami akan kolaborasi yang dekat dengan para dealer kami berupaya untuk membuat waktu tunggu menjadi lebih cepat,” tuturnya.

BYD juga berjanji akan memiliki hingga 50 jaringan dealer di seluruh Indonesia. Sejauh ini sudah ada sejumlah 9 jaringan dealer yang sudah dimiliki oleh BYD Indonesia. 

Jaringan dealer tersebut terletak di BSD City Tangerang, Sunter, Tebet, Kalimalang, Depok, Amir Hamzah Medan, Soekarno Hatta Bandung, Semarang, dan Cibubur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper