Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citroen Kirimkan Mobil Listrik E-C3 Kepada Konsumen Sejak Mei 2024

Merek asal Prancis, yakni Citroen mulai mengirimkan unit mobil listrik E-C3 kepada konsumen pada Mei 2024.
Mobil Listrik Citroen E-C3/ Citroen Indonesia
Mobil Listrik Citroen E-C3/ Citroen Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — Merek asal Prancis, yakni Citroen mulai mengirimkan unit mobil listrik E-C3 kepada konsumen pada Mei 2024. Produk Citroen E-C3 telah diperkenalkan sejak pameran Gaikindo International Auto Show atau GIIAS 2023.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan mobil listrik Citroen E-C3 secara wholesales mencapai 30 unit pada Mei 2024.

Chief Executive Officer PT Indomobil National Distributor, Tan Kim Piauw mengatakan perusahaan telah melakukan penyerahan unit E-C3 yang diwakili oleh 50 konsumen di di Citroën Experience Center PIK, Jakarta Utara. Serah terima juga dilakukan di 19 dealer Citroën lainnya di Tanah Air.

“Serah terima ini akan diikuti juga dengan serah terima di 19 dealer Citroën lainnya di Indonesia, sehingga dalam waktu dekat mobil ini dapat segera mengaspal di jalan raya di Tanah Air,” katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (14/6/2024).

Adapun, Citroen telah memperoleh izin untuk melakukan impor mobil listrik secara utuh atau completely built up (CBU) dengan bebas bea masuk, serta Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Hal ini tertuang dalam Surat Persetujuan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia nomor 1/KBLBB-CBU/1/OSS/PMDN 2024 kepada PT National Assemblers, selaku perusahaan perakitan dari PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS).

Insentif dari pemerintah ini akan dipergunakan selama masa transisi sampai dengan dimulainya kegiatan produksi Citroen Ë-C3 All Electric dalam negeri maksimal sampai 2026.

Pada tahap awal, mobil listrik Citroen E-C3 dipasarkan melalui skema completely built up (CBU) atau impor utuh. Bahkan, sudah ada 500 unit mobil listrik yang dikapalkan dari pabrik di India untuk proses serah terima kepada konsumen.

Tan mengatakan mobil listrik Citroen E-C3 juga sudah tersedia di beberapa kota besar lainnya seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Palembang dan Makassar.

Citroën juga berupaya untuk memperluas jaringannya dengan menargetkan 22 outlet siap beroperasi sampai dengan akhir tahun ini. Ketersediaan suku cadang juga sudah dijamin seiring adanya fasilitas Indomobil Parts Center di kawasan industri Kota Bukit Indah Cikampek, Jawa Barat.

Harga Citroen E-C3 dipatok sebesar Rp377 juta. Mobil ini ditenagai motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 57 ps dengan torsi maksimum 143 Nm. 

Kecepatan maksimum mobil ini mencapai 107 km per jam dengan akselerasi dari 0-60 km per jam hanya membutuhkan waktu sekitar 6,8 detik. 

Mobil ini menggunakan baterai High Energy Density Lithium-Ion Battery Pack dengan kapasitas 29,2 kWh. Jarak tempuh mobil ini bisa mencapai 320 km dengan sekali pengisian daya penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper