Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TMMIN Raih Penghargaaan National Lighthouse Industry, Dukung IR 4.0

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN dianggap ikut mendukung penerapan teknologi industri generasi keempat atau 4.0.
Menperin Serahkan National Lighthouse Industry kepada Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam/TMMIN
Menperin Serahkan National Lighthouse Industry kepada Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam/TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA - Kementrian Perindustrian Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam ajang National Lighthouse Industry 2024.  

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjadi perusahaan yang dinilai telah mampu menerapkan teknologi berbasis industry 4.0 dan menjadi role model bagi pelaku usaha lainnya dalam mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Kartasasmita kepada  Wakil Direktur Utama TMMIN, Bob Azam di Hotel JS Luwansa & Convention Center, Jakarta, Rabu (21/02/2024).

Dikutip dari siaran pers Rabu (21/02/2024), saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada tantangan meningkatkan produktivitas serta mendorong transformasi melalui IR 4.0. Lewat penghargaan ini Toyota diharapkan mampu mendorong serta memberikan kontribusi besar pada sektor industri otomotif agar dapat merealisasikan IR 4.0 di Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kepercayaan yang diberikan. Melalui  predikat ini TMMIN akan terus mendorong lokomotif dalam pembangunan supply chain di Indonesia serta memperkuat kolaborasi dalam menciptakan daya saing di industri otomotif Indonesia,” kata Bob.

Sesuai roadmap Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi tahun 2018, dunia industri diharapkan dapat melakukan transformasi industri 4.0 untuk meningkatkan daya saing industri digital sebagai potensi ekonomi teratas di tahun 2030.

Sementara itu, Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) melalui visinya akan tetap melakukan pengadopsian industri 4.0 dengan menjadi wadah simulator lighthouse bagi industry Indonesia dan dunia. Melalui lima layanan utama yaitu, showcase center, ecosystem for industry 4.0, capability center, consultation center, engineering & AI center.

TMMIN hadir di PIDI 4.0 dengan tujuan untuk mendukung dan menjamin kepuasan konsumen baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Bob Azam menambahkan, TMMIN sudah menyiapkan peta perjalanan (roadmap) sejak beberapa tahun lalu. Hal ini untuk menyongsong persaingan di era industri 4.0 yang semakin ketat. Terkait penerapan teknologi digital di sektor otomotif, beberapa aktivitas yang diterapkan yaitu logistic, maintenance dan quality melalui penerapan inovasi-inovasi program seperti Robot Process Automation (RPA), Predictive Maintenance, e-Warehouse, Quality Inspection and Engine Traceability. (Maria Jessica Elvera Marus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper