Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Ioniq 5 Laris, Harga Mobil Listrik Tak Harus Murah

Hyundai Motors Indonesia atau HMID menilai harga bukan faktor utama magnet bagi mobil listrik seiring moncernya penjualan Hyundai Ioniq 5.
Interior Hyundai Ioniq 5 BEV/Hyundai
Interior Hyundai Ioniq 5 BEV/Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menilai mobil listrik tidak selalu harus murah seiring kinerja mengkilap Ioniq 5 sebagai mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) terlaris sepanjang 2023.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo penjualan mobil listrik Hyundai secara wholesales mencapai 7.482 unit sepanjang 2023, naik 268% dibandingkan 2.028 unit pada tahun sebelumnya.

Rinciannya, Hyundai Ioniq 5 sebanyak 7.176 unit, Ioniq 6 sekitar 263 unit, Genesis G80 EV 23 unit, Ioniq EV 10 unit, dan Kona EV 10 unit.

Chief Operating Officer PT HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan meningkatnya penjualan Ioniq 5 secara signifikan yang notabene di atas Rp700 juta membuktikan konsumen tidak selalu melihat harga.

“Ternyata mobil listrik tidak harus murah. Konsumen mementingkan kualitas dan kenyamanan berkendara,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (16/1/2024).

Selain itu, Frans optimistis pasar mobil listrik akan terus berkembang dengan kontribusi terhadap total pasar domestik bisa mendekati 5%. Hal ini didorong oleh terbitnya kebijakan baru dari pemerintah, serta munculnya pemain lain.

Adapun, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 79/2023 beserta beberapa aturan turunan lainnya untuk mempercepat populasi dari mobil listrik.

Kemudian pasar otomotif Indonesia juga akan kehadiran pemain-pemain baru seperti Great Wall Motors, dan juga BYD.

Hyundai juga memastikan akan ada produk mobil listrik baru setiap tahunnya untuk melengkapi jajaran mobil listrik yang sudah ada saat ini.

“Walaupun ada yang lebih murah, Ioniq 5 dan 6 tetap punya segmen pembeli di pasar mobil listrik,” kata Frans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper