Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Pesta Demokrasi, Mitsubishi Targetkan Produksi 20.000 Unit XForce

Tahun depan, Mitsubishi Motors menargetkan kapasitas produksi XForce 20.000 unit selama setahun.
Penyerahan perdana unit Mitsubishi Xforce/Mitsubishi
Penyerahan perdana unit Mitsubishi Xforce/Mitsubishi

Bisnis.com, SOLO- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia menargetkan bisa memproduksi 20.000 unit Mitsubishi XForce sepanjang 2024 didorong kondisi pasar selama tahun pesta demokrasi.

Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan bahwa kondisi pasar tetap jadi salah satu pertimbangan Mitsubishi menjual produk di segmen compact kendaraan utilitas sport atau sport utility vehicle (SUV).

"Tahun depan kita rencananya kapasitas produksi XForce 20.000 unit [untuk] satu tahun," katanya dalam ajang media test drive bertajuk XFORCE Infinite Xcitement – Media Adventure 2023, Minggu (10/12/2023) malam. 

Menurutnya, prospek penjualan XForce tetap bagus meskipun tahun depan berlangsung pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan pemiliham umum (Pemilu) legislatif. Akan tetapi, Irwan menegaskan tahun depan tetap memiliki tantangan yang tidak mudah bagi semua agen pemegang merek (APM) otomotif.

Melihat pengalaman Pemilu 2019, Irwan mengungkapkan investor cenderung menunggu atau wait and see. "Seperti pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, [jika Pemilu lancar] kita bisa optimal lagi kira kira seperti itu."

Irwan menambahkan kondisi itu bisa berbeda jika terdampak kondisi geopolitik global seperti berlarutnya perang Rusia-Ukraina dan perang Israel-Palestina. "Kalau kondisi ekonomi apa boleh buat karena terpengaruh situasi global terlepas dari fundamental ekonomi Indonesa yang kuat," katanya.

Irwan juga mengungkap penjualan Mitsubishi XForce pada tahun ini dengan target surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 10.000 unit.  “Kami lihat campaign dan promosi akhir tahun yang bisa mengoptimalkan penjualan [Mitsubishi XForce],” tegasnya.

Menurutnya, target penjualan XForce sejalan dengan perkembangan di dunia yang mulai mengarah ke tren kendaraan SUV.

Mitsubishi XForce yang diluncurkan pada 10 Agustus 2023 dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 memang membidik tren dunia menuju ke model SUV tersebut.

Hingga Oktober 2023, surat pemesanan kendaraan (SPK) yang masuk untuk model compact SUV Mitsubishi XForce sudah mencapai 4.000 unit. Hingga November 2023, pengiriman XForce ke konsumen sudah mencapai 1.000 unit sejalan dengan roll out in production baru dilakukan pada bulan itu.  

“Kita tidak bisa langsung dari pemesanan 4.000 terpenuhi karena produksi secara bertahap. Jadi November lalu sekitar 1.000 unit diproduksi dan dikirim ke konsumen,” tegasnya.  

Dia berharap model XForce bisa dikirimkan kepada konsumen sebanyak 4.000 unit hingga akhir bulan ini. 

Intan Vidiasari, General Manager Marketing Communication and PR Division PT MMKSI, menambahkan segmen pasar model XForce di awal membidik usia 35 tahun-45 tahun atau kalangan pebisnis muda yang membutuhkan kendaraan kedua. 

Menariknya, dia mencatat sebanyak 40% dari total SPK yang masuk untuk XForce dipesan oleh perempuan. 

"Kemungkinan kenapa banyak dibeli perempuan, kalau dari segi desain, kalau diciptakan kendaraan ini lebih berbeda dari yang sebelumnya, DNA Mitsubishi sebenarnya tangguh tapi lebih bernuansa elegan,” kata Intan.  

Model XForce memiliki keunggulan seperti high ground clearance mencapai di atas 20 CM dan berbagai mode berkendara seperti mode normal, gravel, wet, dan mud yang akan memudahkan peserta melalui medan berbeda. SUV kompak milik Mitsubishi itu memiliki fitur cruise control, blind spot monitoring, serta audio system Dynamics Sound Yamaha Premium dengan lagu kesukaan masing-masing. 

Tak hanya dapat menyesuaikan audio output dengan empat mode suara yang berbeda, yaitu signature, powerful, lively, dan relaxing yang tersalurkan melalui 8 speaker di dalam mobil.   XForce juga memiliki fasilitas Special Tuned CVT, Active Yaw Control (AYC), beberapa fitur keselamatan ADAS seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, Rear Cross traffic Alert, dan Auto Light Control.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper