Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah EV 2023: Pakai Mobil Listrik Jakarta-Semarang Cuma Habis Rp100.000-an

Perjalanan luar kota jarak jauh menggunakan mobil listrik dipastikan lebih hemat, bahkan ketimbang mengendarai low cost green car (LCGC) paling irit sekalipun.
Suasana pelepasan Jelajah Electric Vehicle 2023 di Jakarta, Senin (4/12/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Suasana pelepasan Jelajah Electric Vehicle 2023 di Jakarta, Senin (4/12/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SEMARANG - Perjalanan luar kota jarak jauh menggunakan mobil listrik dipastikan lebih hemat, bahkan ketimbang mengendarai low cost green car (LCGC) paling irit sekalipun.

Tim Jelajah EV 2023 Bisnis Indonesia membuktikan sendiri hal itu selama menjajal berkendara dengan Toyota BZ4X BEV dari Jakarta menuju Surabaya pulang-pergi, yang akan berlangsung sampai beberapa hari ke depan.

Sebagai gambaran, jarak dari Jakarta sampai Semarang berkisar 440 kilometer (km). Kami pun bersiap mengisi baterai mobil SUV listrik yang dipercaya bisa menempuh 500 km itu sampai penuh terlebih dahulu dari Ibu Kota.

Pasalnya, kami akan menggunakan berbagai fitur yang disediakan BZ4X senatural mungkin, selama memacunya di jalan tol sampai ke kota pusat peradaban di Jawa Tengah itu.

Sebagai contoh, kami full menggunakan AC, memanfaatkan port pengecasan gawai sampai 4 buah, head unit pun terus dinyalakan secara maksimal untuk navigasi sekaligus memutar musik.

Jelang tengah malam, sembari beristirahat, kami berhenti di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Rest Area KM 288 A Ruas Kanci-Pejagan, Cirebon, Jawa Barat, untuk melakukan pengecasan. 

Saat itu, kapasitas baterai masih 40%, jadi kami memutuskan untuk membeli daya 40 kilowatt hour (kWh). Dengan harga Rp2.466,78 per kWh, artinya kami harus merogoh kocek Rp108.000, itu pun sudah termasuk biaya layanan penggunaan dompet digital.

Sesampainya di Semarang, ternyata baterai EV kami sampai pun masih berkisar 50%. Sisa kapasitas ini masih bisa kami manfaatkan untuk berjalan-jalan berkeliling Kota Lumpia sepanjang hari.

Sekarang, coba bandingkan dengan LCGC yang terbilang irit, misalnya bisa tahan 22 km per liter. Apabila diisi dengan BBM termurah sekalipun, maka setidaknya harus merogoh kocek Rp200.000 untuk mengarungi Jakarta-Semarang.

Adapun, Bisnis Indonesia Group berinisiatif menggelar program Jelajah EV untuk pertama kalinya, sebagai wujud peran aktif Bisnis Indonesia Group dalam menyampaikan informasi mengenai perkembangan ekosistem EV di Indonesia.

Tim Jelajah EV Bisnis Indonesia akan melakukan reportase langsung ke berbagai daerah. Sebanyak dua tim akan menempuh rute berbeda, yakni Jakarta–Surabaya dan Jakarta–Pulau Obi di Maluku Utara.

Tim Jelajah akan memotret berbagai dinamika pengembangan ekosistem EV, berikut peluang dan tantangan yang dihadapi, mulai dari hulu hingga hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper