Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Pabrik Baterai EV Toyota, North Carolina Siapkan SDM

Pemerintah Negara Bagian North Carolina, Amerika Serikat tengah menyiapkan pendidikan vokasi bagi para pekerja yang bakal diserap pabrik baterai EV Toyota.
Toyota bZ4X, mobil listrik pertama dari Toyota Motor Corp dengan teknologi emisi karbon nol/ Toyota
Toyota bZ4X, mobil listrik pertama dari Toyota Motor Corp dengan teknologi emisi karbon nol/ Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah negara bagian Amerika Serikat, North Carolina tengah menyiapkan sumber daya manusia guna menyambut pengoperasian pabrik baterai EV dari Toyota pada 2025.

Dilansir dari Nikkei Asia pada Sabtu (14/10/2023), Gubernur North Carolina Roy Cooper mengatakan pemerintah sedang meningkatkan upaya agar sekolah-sekolah di negara bagian AS tersebut dapat mempersiapkan SDM yang siap bekerja.

Adapun pabrik baterai EV yang sedang dibangun oleh Toyota tersebut dijadwalkan mulai beroperasi pada 2025 mendatang. 

“[North Carolina] memulai program pelatihan tidak hanya di community college, namun juga di sekolah menengah atas, yang dapat membekali karyawan untuk dapat langsung bekerja di pabrik baterai Toyota," kata Cooper seperti dikutip dari Nikkei.

Dalam sebuah kilas balik, Cooper menceritakan proses yang membuat Toyota memutuskan untuk membangun pabrik baterai di North Carolina.

Pada tahun pertamanya sebagai gubernur, yakni 2017, Cooper terbang ke Tokyo untuk bertemu dengan perwakilan Toyota saat momen natal. Kala itu, Toyota sedang memilih antara North Carolina dan Alabama untuk membangun pabrik kendaraan.

Namun, pilihan Toyota untuk membangun pabrik kendaraan jatuh kepada Alabama. Cooper pun meminta Toyota untuk bertandang ke North Carolina untuk mengadakan pertemuan bersama timnya.

Upaya Cooper pun akhirnya membuahkan hasil setelah berbagai tantangan dihadapinya seperti masalah kepemilikan properti. Toyota pun memutuskan untuk membangun pabrik baterai di North Carolina.

Cooper pun memuji pihak Toyota yang disebut memiliki etika kuat dalam menjaga dan memperlakukan karyawannya sebagai sebuah keluarga.

“Mereka mempunyai tujuan yang sama mengenai energi bersih, jadi kami sangat gembira dengan hubungan ini dan ingin terus memperkuatnya,” ujar Cooper.

Cooper pun mendorong agar lebih banyak perusahaan yang mengikuti jejak beberapa perusahaan Jepang yang berinvestasi di AS. Selain Toyota, Honda Aircraft yang merupakan unit Honda Motor di Amerika juga baru saja menambah investasinya pada fasilitas produksi HondaJet.

Dia menilai, jika sebuah perusahaan sepakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan jumlah dan upah tertentu, maka North Carolina akan memberikan kredit pajak yang dapat membantu perusahaan tumbuh dan berkembang.

Menurut Cooper, saat ini sudah terdapat hampir 250 perusahaan Jepang yang mempekerjakan lebih dari 28.000 warga North Carolina 

“Kami tahu bahwa usaha kecil sebenarnya adalah tulang punggung perekonomian kami, dan perusahaan-perusahaan besar membutuhkan perusahaan-perusahaan kecil sebagai pemasok dan kontraktor,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper