Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indika (INDY) Ingin Ajak Produsen Motor Listrik Kanada Kolaborasi

Anak usaha PT Indika Energy Tbk. (INDY) membuka peluang untuk berkolaborasi dengan Damon Motors asal Kanada untuk mengembangkan motor listrik.
Alva, motor listrik produksi anak usaha PT Indika Energy Tbk. (INDY), yakni PT Ilectra Motor Group./ Dok. Istimewa
Alva, motor listrik produksi anak usaha PT Indika Energy Tbk. (INDY), yakni PT Ilectra Motor Group./ Dok. Istimewa

Bisnis.com, CIKARANG — PT Indika Energy Tbk. (INDY) melalui anak usahanya, yakni PT Ilectra Motor Group yang merupakan produsen motor listrik Alva membuka peluang untuk berkolaborasi dengan Damon Motors untuk memproduksi produk baru.

President Director Ilectra Motor Group Purbaja Pantja mengatakan pihaknya sudah melakukan investasi senilai US$5 juta untuk melakukan kolaborasi dengan Damon Motors yang merupakan perusahaan sepeda motor elektrik asal Kanada.

Dia pun menyebut terdapat banyak kolaborasi yang dilakukan bersama Damon Motors yang salah satunya berupa teknikal. Menurutnya, Alva dapat belajar dari produk motor Damon Motors yang dinilai sangat canggih.

Sejauh ini kolaborasi tersebut masih belum mengarah untuk pengembangan produk. Namun, dia tidak menutup peluang mengenai hal tersebut karena untuk pengembangan disebut selalu memungkinkan.

“Apakah mungkin? Ya mungkin karena motor mereka keren banget menurut saya. Motor Alva juga keren banget sih jadi kalau keren sama keren digabung menjadi makin keren,” ujar Purbaja di Alva Manufacturing Facility, Cikarang, Rabu (20/9/2023).

Sebagai informasi, PT Ilectra Motor Group (IMG) bersama Damon Motors akan mengembangkan platform sepeda motor global khusus untuk kebutuhan komuter pada wilayah geografis yang didominasi oleh kendaraan roda dua.

Vice President Director dan Group CEO Indika Energy Azis Armand Sebelumnya menuebut visi Indika Energy untuk jalan raya yang dialiri listrik mencerminkan visi Damon. Menurutnya, PT Ilectra Motor Group (IMG) berkomitmen mengembangkan sepeda motor EV dan ekosistem pendukungnya di Indonesia.

"Kami yakin kemitraan ini akan membuka lebih banyak peluang kolaborasi untuk mempercepat strategi masuk ke pasar Indonesia dan memenuhi tujuan target net-zero. Hal ini juga sejalan dengan komitmen Indika Energy untuk mencapai net zero pada 2050," ujar Azis dalam keterangannya.

Co-Founder dan CEO Damon Jay Giraud juga sebelumnya menuturkan kemitraan dengan INDY ini hadir saat Damon mendekati pencapaian US$100 juta dalam pesanan sepeda motor listriknya.

Giraud menceritakan dirinya memperoleh inspirasi untuk membangun Damon Motors saat mengunjungi Jakarta pada 2016 silam. Dia pun percaya dapat menyaingi sepeda motor konvensional atau berbahan bakar minyak yang tidak menawarkan fitur keselamatan.

"Perjalanan saya dengan Damon dimulai di Indonesia. Kemitraan dengan Indika Energy ini membuka pintu untuk mengubah industri di tingkat global suatu hari nanti," ujar Giraud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper