Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Hyundai Hadapi Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS

Manajemen Hyundai Motors Indonesia (HMID) menilai perusahaan yang aktivitasnya berhubungan dengan dolar AS cenderung menggunakan fasilitas hedging.
Hyundai Stargazer./Doc. Hyundai
Hyundai Stargazer./Doc. Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memiliki mekanisme hedging atau lindung nilai dari aktivitas ekspor dan impor seiring rupiah yang masih lesu dihadapan dolar AS.

Mengutip data Bloomberg, mata uang rupiah ditutup melemah tipis 0,50 poin menuju Rp15.355 per dolar AS pada perdagangan akhir pekan, Jumat (15/9/2023).

Chief Operating Officer PT HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan perusahaan yang aktivitasnya berhubungan dengan dolar AS cenderung menggunakan fasilitas hedging.

Dia menjelaskan mekanisme ini untuk melindungi kegiatan perusahaan terhadap kenaikan dolar AS sehingga harga peningkatan maupun penurunan harga kendaraan akan dilakukan dengan berbagai pertimbangan.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya akan melakukan analisa terhadap pasar Indonesia lantaran hal ini turut menentukan volume penjualan. Selain itu, sesuai dengan hukum pasar terjadinya kenaikan harga berpotensi menimbulkan turunnya permintaan.

“Tidak serta merta akan menaikkan dan menurunkan harga kendaraan karena ada faktor-faktor yang dipertimbangkan,” ujar Soerjo kepada Bisnis, Jumat (15/9/2023).

Selain pelemahan rupiah, dia menyebut masih ada beberapa faktor ekonomi makro yang dapat mempengaruhi industri otomotif seperti pertumbuhan perekonomian, hingga tingkat suku bunga.

Adapun produk domestik bruto (PDB) mencapai 5,03 persen kuartal II/2023. Di sisi lain, secara tahunan perekonomian Indonesia berada pada level 5 persen selama 7 kuartal berturut

Soerjo pun menyebut hal ini merupakan iklim yang bagus bagi Indonesia untuk bisa terus mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi. Sementara itu, suku bunga Bank Indonesia (BI) juga masih bertahan di level 5,75 persen dari Januari-Agustus 2023.

“Kemudian terkait BI rate itu ditahan itu akan juga membantu industri karena dengan ditahannya suku bunga maka harapannya untuk konsumen retail juga tidak bertambah bunganya,” tuturnya.

Berikut adalah daftar harga mobil Hyundai berdasarkan situs resmi Hyundai Indonesia pada Jumat (15/9/2023):

Santa Fe: Rp575,2 juta - Rp736,8 juta

Palisade: Rp875,5 juta - Rp1,14 miliar

Staria: Rp905,5 juta - Rp1,03 miliar

Creta: Rp291,3 juta - Rp350 juta

Ioniq 5 Bluelink: Rp759 juta - Rp870 juta

Stargazer: Rp247,2 juta - Rp336,2 juta (termasuk Stargazer X)

Ioniq 6: Rp1,19 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper