Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Motor Listrik, Gojek Lengkapi Ekosistem Bangun SPBKLU

Selain gencar mempromosikan motor listrik, Gojek pun menggandeng mitra untuk membangun jaringan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Gojek berencana untuk mengimplementasikan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk sepeda motor listrik bagi para mitra pengemudinya di Vietnam.

Dilansir dari Nikkei Asia pada Kamis (7/9/2023), Gojek yang berada di bawah naungan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) bakal menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan startup Vietnam, yakni Salex yang memproduksi kendaraan listrik dan juga jaringan baterai yang digunakan oleh para pengemudi Grab dan Lazada.

Dalam kerja sama ini, para mitra pengemudi Gojek akan menggunakan sepeda motor listrik Selex yang memiliki fasilitas pengisian daya di rumah dan juga akses penukaran baterai dari jaringan Selex.

Pihak Selex menyebut akan menawarkan kepada para pengemudi sepeda motor listrik dengan baterai yang relatif hemat. Penukaran baterai pun hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit sehingga para pengemudi menghemat 35 persen energi dan 50 persen biaya perawatan dibandingkan sepeda motor konvensional.

“Kendaraan ini mematuhi standar internasional yang ketat untuk ketahanan terhadap air, dibuat khusus untuk menjaga mobilitas optimal selama hujan lebat dan bertahan di kedalaman air hingga satu meter,” demikian tertulis dalam pengumuman bersama antara Gojek dan Selex seperti dikutip dari Nikkei.

Kehadiran Gojek pun turut memperkuat jaringan Selex yang memproduksi baterai kompatibel dengan skuter lain sebagai pesaingnya. Semakin banyaknya pengguna motor listrik yang menggunakan fasilitas penukaran baterai dari Selex pun akan membuat perusahaan tersebut memperluas jaringan lokasinya dan memikat lebih banyak pengemudi.

Selain dengan Selex, Gojek juga membeli kendaraan listrik dari Dat Bike di Vietnam dan menanam modal pada Electrum di Indonesia, yang diperkirakan akan memproduksi hingga 1 juta sepeda motor listrik per tahun.

“Kemitraan ini akan membantu Gojek Vietnam untuk lebih memainkan perannya dalam mendukung komitmen GoTo Group untuk mencapai nol emisi dan mentransisikan armada kami ke 100 persen EV pada tahun 2030,” kata General Manager Gojek Vietnam, Sumit Rathor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper