Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai dan Kia Recall 91.000 Mobil, Risiko Terbakar Tinggi

Penarikan kembali ribuan mobil ini merupakan imbas dari laporan yang diterima Kia dan Hyundai terkait panas berlebihan pada kendaraan.
Hyundai Palisade. /Hyundai
Hyundai Palisade. /Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA – Dua produsen mobil Korea Selatan, Hyundai dan Kia dikabarkan menarik kembali total lebih dari 91.000 kendaraan baru di AS karena risiko kebakaran. Perusahaan juga memperingatkan pemilik untuk memarkirkan kendaraan jauh dari bangunan.

Melansir dari Reuters, Jumat (4/8/2023), jumlah total kendaraan yang ditarik kembali terdiri dari sekitar 52.000 kendaraan Hyundai dan 40.000 Kia.

Penarikan kembali dilakukan terhadap kendaraan Hyundai untuk model Palisade 2023-2024, Tucson, Sonata, Elantra, dan Kona 2023, serta Seltos 2023-2024. Sementara itu, merek Kia yang terdampak adalah Soul dan Sportage 2023.

Penarikan kembali ribuan mobil ini merupakan imbas dari enam laporan yang diterima Kia terkait panas berlebihan pada kendaraan. Hyundai mengaku menerima empat laporan serupa. Dari seluruh laporan, tidak ada insiden berbahaya yang terjadi.

Kedua perusahaan tersebut mengatakan, permasalahan mungkin terletak di pengontrol elektronik untuk rakitan pompa minyak Idle Stop & Go yang dicurigai mengandung komponen listrik rusak sehingga menyebabkan pompa menjadi terlalu panas.

Terkait hal itu, perusahaan memastikan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) bahwa komponen yang dicurigai bermasalah telah ditiadakan dari produksi bulan Mei.

Para pemilik kendaraan akan dikabarkan lebih lanjut terkait detail masalah kendaraan pada akhir September. Pemilik dapat membawa kendaraannya ke dealer untuk diperiksa dan mengganti pengontrol pompa oli elektrik sesuai kebutuhan.

Hyundai mengimbau pemilik untuk tidak mengemudikan kendaraan jika dari kendaraan tercium bau terbakar atau meleleh. Kendaraan harus segera diderek ke dealer Hyundai terdekat untuk segera menerima pemeriksaan.

Selain itu, sampai perbaikan penarikan tersedia, Hyundai meminta dealer untuk menyediakan kendaraan sewaan bagi pemilik kendaraan yang merasa tidak aman memakai kendaraan milik mereka sendiri.

Hyundai menambahkan, selain risiko kebakaran, kerusakan akibat panas dapat memicu korsleting yang berdampak pada pengontrol kendaraan lainnya.

Sebelumnya, Desember lalu Hyundai mengaku telah menerima laporan terkait tanda-tanda kerusakan panas pada kabel atau konektor pompa oli listrik pada Palisade 2023. Kia pada bulan Juni juga menerima laporan komponen meleleh di Seoul 2023. Kedua perusahaan tersebut akhirnya memutuskan membuka penyelidikan atas laporan yang diterimanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper