Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Listrik Tumbuh 700 Persen pada Kuartal I/2023

Toyota Innova Zenix menguasai pangsa model HEV, sedangkan Hyundai Ioniq 5 menggeser posisi Wuling Air ev untuk model BEV.
Ioniq 5 menghadirkan pengalaman baru melalui desain EV inovatif yang menggugah ikon pembentuk DNA desain Hyundai. /Hyundai
Ioniq 5 menghadirkan pengalaman baru melalui desain EV inovatif yang menggugah ikon pembentuk DNA desain Hyundai. /Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan mobil listrik di Indonesia meliputi jenis hibrida (HEV), Plug in Hybrid (PHEV), dan Battery Electric (BEV) mencapai 6.112 unit sepanjang periode kuartal I/2023.

Jumlah itu meningkat 748 persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu. Peningkatan yang signifikan ini disebabkan oleh line up baru yang langsung menjadi backbone pada penjualan mobil listrik di Tanah Air.

Misalnya, Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev yang memiliki pangsa pasar terbesar pada penjualan BEV kuartal I/2023. Sedangkan pada jenis mobil hybrid, hadir Toyota Innova Zenix yang memiliki market share terbesar.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kinerja penjualan mobil listrik murni atau BEV pada Januari - Maret 2023 berhasil mencetak 1.800 unit.

Rinciannya, Hyundai Ioniq 5 memimpin pasar BEV dengan 1.099 unit pada periode tersebut dengan pangsa 61 persen. Diikuti, raja mobil listrik murni sebelumnya yaitu Wuling Air ev sebanyak 539 unit.

Namun, bila mengacu data yang sama tahun lalu. Penjualan Wuling Air ev belum mencapai performa terbaiknya dengan penjualan rata-rata 1.500-an unit sejak diluncurkannya pada pertengahan tahun lalu.

Kendati demikian, kinerja mobil listrik mungil itu berangsur membaik setelah penjualan Maret 2023 mulai kembali mencetak angka ratusan unit. Jumlah itu meningkat signifikan jika dibanding dengan dua bulan awal tahun ini yang hanya terjual puluhan unit.

Kemudian, untuk penjualan mobil hybrid di Indonesia telah berhasil mencetak 4.312 unit. Dalam hal ini, All New Kijang Innova Zenix tetap kokoh dipuncak sejak peluncurannya pada November tahun lalu. Terbaru, penjualan Zenix hibrida sepanjang Januari-Maret 2023 telah dilego 3.522 unit.

Artinya, mobil hybrid andalan Toyota ini berhasil berkontribusi sebesar 81 persen. Sementara, posisi kedua pesaing terdekatnya masih dipegang oleh pabrikan yang sama yaitu Corolla Cross yang terjual 410 unit.

Secara terperinci, Corolla Cross standar sebanyak 291 unit, sedangkan varian GR Sport 119 unit. Selanjutnya, urutan ketiga bertengger Wuling Almaz Hybrid dengan penjualan 104 unit.

Adapun, untuk varian plug in hybrid masih di Indonesia terpantau masih lesu. Pasalnya, mobil listrik jenis ini hanya memiliki satu varian dari Mitsubishi Motors yaitu Outlander PHEV.

Meski demikian, ke depan mobil listrik jenis ini akan semakin bergairah dengan pendatang baru dari Toyota dan Lexus yakni RAV4 dan All New Lexus RX 450h+ yang mengusung teknologi PHEV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper