Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Listrik Murni Meroket 185 Persen, Hyundai Ioniq 5 Kokoh Dipuncak

Penjualan mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) di Indonesia secara wholesales pada Maret 2023 tumbuh 185,1 persen secara bulanan
Ioniq 5 menghadirkan pengalaman baru melalui desain EV inovatif yang menggugah ikon pembentuk DNA desain Hyundai. /Hyundai
Ioniq 5 menghadirkan pengalaman baru melalui desain EV inovatif yang menggugah ikon pembentuk DNA desain Hyundai. /Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) di Indonesia secara wholesales pada Maret 2023 tercatat mencapai 1.112 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah itu meningkat 722 unit dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya menjual 390 unit atau tumbuh 185,1 persen secara bulanan (month-to-month/mtm). Artinya, penjualan mobil listrik murni mulai kembali ke level ribuan unit dibandingkan 2 bulan kebelakang yang hanya mencapai ratusan unit.

Mengacu data yang sama, Hyundai melalui Ioniq 5 kembali berhasil memuncaki klasemen penjualan mobil listrik di Indonesia dengan berhasil dilego 592 unit. Secara terperinci, Ioniq 5 varian signature extended menjadi favorit masyarakat karena berhasil terjual 560 unit, signature pime extended 22 unit, dan signature reguler 10 unit.

Kinerja penjualan mobil listrik pabrikan Korea Selatan itu meningkat hampir 2 kali lipat atau 177 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya melego 213 unit.

Kemudian, posisi kedua ditempati Wuling Air ev sebanyak 421 unit, meroket 4 kali lipat secara mtm. Kinerja penjualan jenama asal ‘Negeri Tirai Bambu’ itu akhirnya mulai kembali ke performa yang baik setelah 2 bulan sebelumnya hanya mampu menjual puluhan unit.

Meskipun penjualan secara mtm meningkat pesat, kinerja mobil mungil ini masih belum mencapai performa penjualan seperti tahun lalu. Pasalnya, dalam catatan Bisnis, penjualan Wuling Air ev sejak diluncurkan pada Agustus hingga Desember 2022 rata-rata pada level 1.500-an unit.

Adapun, penjualan tertinggi Wuling Air ev di Indonesia berhasil ditorehkan pada Desember 2022 dengan berhasil terjual 2.132 unit.

Sementara itu, posisi selanjutnya diraih BMW iX xDrive40. Mobil listrik yang akan digunakan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean di Labuan Bajo itu berhasil dijual 29 unit. Menyusul ada mobil listrik Mini 17 unit, diikuti DFSK E 13 unit, dan KIA EV6 12 unit.

Berikut daftar mobil listrik murni atau BEV terlaris di Indonesia pada Maret 2023:

1.     Hyundai Ioniq 5: 592 unit

2.     Wuling Air ev: 421 unit

3.     BMW iX Drive40: 29 unit

4.     Mini Cooper SE Hatch : 17 unit

5.     DFSK Gelora E: 13 unit

6.     Kia EV6: 12 unit

7.     Mercedes-Benz EQS 450+ : 10 unit

8.     Lexus UX300e: 9 unit

9.     Mitsubishi Minicab Miev: 6 unit

10.  MG ZS EV: 2 unit 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper