Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

65 Unit Toyota bZ4X Bakal Digunakan Menteri dan Ibu Negara Anggota Asean

Toyota Astra Motor menyumbang 65 unit mobil listrik bZ4X untuk menyukseskan perhelatan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, Mei mendatang.
Penyerahan secara simbolis Toyota bZ4X untuk keperluan KTT Asesan ke-42 pada Mei mendatang/Bisnis-Widya Islamiati
Penyerahan secara simbolis Toyota bZ4X untuk keperluan KTT Asesan ke-42 pada Mei mendatang/Bisnis-Widya Islamiati

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyumbang armada mobil listrik bZ4X untuk perhelatan KTT Asean ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo pada Mei.

Model mobil listrik SUV besutan Toyota inipun langsung diserahkan kepada pemerintah melalui Kementerian Sekertariat Negara. Sebelumnya, mobil yang sama pun ikut mendukung perhelatan KTT G20 di Bali pada November tahun lalu.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan hal ini mengulang sukses bZ4X yang mendulang kepercayaan dari pemerintah. Nantinya, rangkaian armada mobil listrik tersebut akan menjadi kendaraan resmi delegasi KTT Asean ke-42.

Sebanyak 65 unit Toyota bZ4X yang dipinjamkan ini, menurut Henry, menjadi kelanjutan dari komitmen Toyota untuk mendukung pemerintah dalam gelaran antarnegara.

"Sebagai kelanjutan yang pernah kami lakukan sebelumnya di KTT G20, kami berkomitmen untuk mensupport negara dan menunjukan teknologi yang rama lingkungan dalam mobilitas," ujar Henry dalam acara serah terima kendaraan di kawasan Sudirman, Senin (17/4/2023). 

Henry juga menambahkan bahwa hal ini merupakan kebanggaan bagi pihaknya, karena dipercaya untuk mendukung KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo yang akan diselenggarakan pada awal Mei mendatang.

Selain itu, turut hadir  Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam acara serah terima yang digelar di kawasan hutan kota Sudirman, Jakarta. 

Setya menyebutkan sebanyak 65 unit kendaraan listrik milik Toyota ini sudah cukup untuk menjadi kendaraan resmi di acara KTT Asean ke-42 mendatang.

"Saya kira 65 unit ini sangat cukup untuk melayani tamu-tamu kita," kata Setya saat ditemui usai acara serah terima di kawasan Sudirman, Jakarta pada Senin (17/4/2023).

Dia menyebutkan sebanyak 65 unit Toyota bZ4X tersebut akan digunakan untuk memfasilitasi para tamu negara, seperti jajaran menteri negara anggota Asean, serta para ibu negara dari 10 negara Asean.

 “Akan kita gunakan untuk mensupport kegiatan mulai dari para Menteri negara-negara asing, kemudian para Ibu Negara dan juga delegasi yang lain, saya kira 65 sangat cukup untuk melayani tamu tamu kita,” kata Setya.

Toyota bZ4X dilengkapi dengan teknologi canggih Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi dan meminimalisir potensi kecelakaan di jalan.

Mobil listrik ini mengadopsi baterai Lithium-ion mempunyai kapasitas 71,4 kWh. Berbekal kapasitas baterai tersebut, Toyota bZ4X diklaim memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Ditinjau dari segi dapur pacu, Toyota bZ4X diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 204 HP dan torsi 266 Nm untuk menciptakan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,3 detik dan akselerasi pertengahan 48-90 km/jam dalam 2,9 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper