Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Layanan Armada Tambang, Ini Langkah Hino

Untuk meningkatkan layanan servis armada tambang, Hindo membangun tim yang siap berkeliling hingga pelosok.
Bus Hino yang disiapkan untuk melakukan servis truk tambang/Bisnis-Anshary Madya
Bus Hino yang disiapkan untuk melakukan servis truk tambang/Bisnis-Anshary Madya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hino Sales Motors Indonesia (HMSI) mengeluarkan investasi lebih dari Rp1,1 miliar untuk pembuatan workshop mobile atau bengkel berjalan untuk menyasar daerah terpencil seperti tambang.

Chief Operating Officer (COO) PT HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan workshop mobil ini digunakan untuk menjangkau perbaikan di daerah pelosok, mulai dari mekanik, suku cadang hingga oli agar lebih efisien.

“Kita kan tahu khususnya batu bara dan pertambangan itu daerahnya pelosok. Nah, itu kalau hanya membawa satu service car itu supirnya dimana, mekaniknya dimana, barangnya sparepart-nya terbatas, dengan adanya ini kan bisa bawa enam orang, oli juga, bahkan crane juga disiapkan. Jadi kami harapkan dengan satu bus bisa lebih lama lagi stay di lokasi dan bisa lebih efisien,” kata Santiko di Jakarta, Senin (27/3/2023).

Bengkel berjalan ini menggunakan Bus Hino AK Series, dan merupakan Mobile Workshop pertama yang menggunakan sasis bus. Hino seri ini didapuk jadi Mobile Workshop karena memiliki kapasitas yang besar sehingga mampu membawa hingga 3 drum oli.

Adapun, dengan enam mekanik diklaim mampu melakukan servis setara 16 unit Hino 500 Series atau medium duty truck atau 22 unit tipe Hino 300 Series atau light duty truck. Hino Bus Mobile Workshop juga memberikan layanan yang lengkap, mulai dari layanan emergency, servis, hingga ketersediaan suku cadang.

Selain itu, Hino Bus Mobile Workshop ini memiliki peralatan yang lengkap dan modern seperti Centralized Oil, dan DX Tools yang siap melayani kendaraan Hino Euro4.

Melalui kelebihan tersebut, Santiko mengatakan pabrikan otomotif Jepang itu telah mengeluarkan biaya investasi Rp1,1 miliar.

“Investasi kalau hanya bicara karoseri itu hanya Rp600 juta-an dan jeroan yang mencakup tools Rp1,1 belum sama sasis, plus keranjang dan busanya itu Rp500 jutaan,” tuturnya.

Sebagai informasi, mobile workshop ini akan digunakan juga selama mudik di wilayah Sumatera, mulai dari Medan, Kabupaten Dharmasraya Sumatra Barat, Musi Banyuasin, Palembang, dan Lampung Selatan.

“Tim mekanik Hino siap memberi layanan perbaikan kapanpun dan dimanapun pada kendaraan yang membutuhkan atau situasi emergency. Selain itu kita siap melayani service on site, cukup dengan telepon atau WA Hino customer call center, maka petugas kami akan siap membantu,” ungkap After Sales Director HMSI, Irwan Supriyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper