Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spesifikasi Wuling Alvez, SUV Pesaing Honda WR-V Dibanderol Rp200 Juta-an

Kemunculan Wuling Alvez dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 menjadi primadona karena harganya yang terbilang murah.
Spesifikasi mobil Wuling Alvez/Wuling.id.
Spesifikasi mobil Wuling Alvez/Wuling.id.

Bisnis.com, SOLO - Kemunculan Wuling Alvez dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 menjadi primadona karena harganya yang terbilang murah.

Wuling Alvez menjadi mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang banyak mendapat sorotan sejak kemunculannya di IIMS 2023.

Salah satu faktor yang membuat Wuling Alvez dilirik adalah harganya yang terbilang murah yakni di bawah Rp300 juta.

Meski dibanderol dengan harga murah, Wuling Alvez menawarkan berbagai fitur yang bisa memanjakan para penggunanya.

Desain Wuling Alvez terlihat stylish dan modern dengan garis yang dinamis. Gril bagian depan dihiasi piksel tiga dimensi dengan logo Wuling berwarna silver di bagian tengah.

Dimensi Wuling Alvez cukup ringkas dan lebih kecil ketimbang pendahulunya, Wuling Almaz. Mobil ini punya panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dilihat sepintas, ukuran Wuling Alvez hampir mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Kaki-kaki mobil Wuling Alvez terlihat elegan dengan pelek berukuran 16 inci. Sistem pengereman disc brake terdapat di bagian belakang pelek.

Headlamp alias lampu depan Wuling Alvez menggunakan jenis LED dengan desain yang mirip mobil Eropa.

Bagian belakang mobil ini terlihat sederhana namun tetap dengan sentuhan sporty. Khusus jenis turbo, ada dua knalpot di belakang.

Interior mobil keluaran produsen asal China ini juga terlihat mewah. Teknologi terkini seperti panel LED di kursi depan. Ada peta navigasi, koneksi smartphone, dan kamera parkir dalam panel LED itu.

Fitur AC menggunakan teknologi digital dengan head unit layar sentuh berukuran 10.25 inci untuk menyalakan audio.

Wuling Alvez juga telah mengadopsi Keyless entry, engine start/stop button, Auto up/down with anti-pitch di semua jendela pintu, serta remote open window, dan unlock tailgate.

Kapasitas Wuling Alvez bisa menampung 5 orang dengan konfigurasi 2+3. Ada ruang bagasi dengan volume 322 liter untuk penyimpanan barang yang lebih optimal.

Sama seperti mobil keluaran Wuling lainnya, SUV ini menyematkan fitur WIND, IoV, dan ADAS seperti yang sudah ada di Almaz, Cortez, dan Air EV.

WIND adalah singkatan dari Wuling Indonesian Command. Pengemudi bisa memberi perintah suara ke mobil melalui bahasa Indonesia, seperti membuka kaca jendela, mematikan AC, dan lain-lain.

Sementara fitur IoV (Internet of Vehicle), kemungkinan juga akan ditanamkan pada Alvez varian tertinggi saja. IoV adalah teknologi yang bisa menyambungkan mobil dengan internet melalui sim card yang terintegrasi ke kendaraan.

Wuling Alvez juga dilengkapi juga ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang terintegrasi ACC alias Adaptive Cruise Control.

Dari dapur pacu, Wuling Alvez mengadopsi mesin tanpa turbo. Mesin yang digunakan sudah Euro 4 berkubikasi 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE. Sementara Alvez SE cuma tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan.

Kombinasi mesin dan transmisi Alvez diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada 5.800 rpm serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm.

Jika dibandingkan pesaingnya seperti Creta dan HR-V, mesin Alvez sedikit berada di bawahnya. Creta bisa menghasilkan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga 113 hp pada 6.300 rpm. Honda HR-V orsinya mencapai 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 hp pada 6.600 rpm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper