Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Bocorkan Pembeli 40 Unit Mobil Listrik bZ4X di Indonesia

bZ4X adalah mobil listrik yang dipasarkan oleh Toyota Astra Motor di Indonesia dengan harga Rp1,19 miliar.
Mobil listrik konsep Toyota bZ4X. /Toyota
Mobil listrik konsep Toyota bZ4X. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Pembeli mobil listrik murni atau BEV dari Toyota, yakni bZ4X seharga Rp1,19 miliar didominasi oleh pemerintah.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan sebanyak 40 hingga 50 unit bZ4X telah didistribusikan ke pemerintah Indonesia. 

"Sudah ada [permintaan bZ4X jadi mobil dinas pemerintahan]. Justru bZ4X unit-unit awal, 40-50 unit awal, majority sebenarnya akan dikirimkan ke pemerintah dari berbagai kementerian. Tidak hanya satu, jadi berbagai kementerian," ungkap Anton di sela IIMS 2023, dikutip Minggu (19/2/2023).

Sementara, mobil listrik lain, yakni Kijang Innova Zenix telah dilego kepada beberapa pihak. Khusus bZ4X, kata Anton, akan diprioritaskan untuk pemerintah Indonesia. 

"Kemudian masuk ke unit Innova Zenix, sama masuk ke unit pemerintah dan non-pemerintah juga banyak. Tapi bZ4X khususnya kita fokus prioritaskan ke pemerintah dulu," tambahnya. 

Lebih lanjut, pembelian mobil seharga satu miliar itu dibeli melalui beberapa skema, mulai dari sewa melalui kinto hingga pembelian langsung. 

Adapun, pengiriman bZ4X beberapa sudah dilakukan pada bulan lalu. Namun, suplai mobil dari prinsipal Toyota masih belum memenuhi permintaan untuk pasar Indonesia. Oleh karenanya, TAM meminta tambahan unit untuk pengiriman bulan Maret mendatang. 

"Jadi Januari kemarin kita sudah beberapa unit delivery, memang butuh waktu ya karena ada administrasi dengan instansi. Februari ini juga kami akan continue [pengiriman], saat ini sedang meminta tambahan suplai dari prinsipal untuk bulan Maret dan yang akan datang," terang Anton. 

Sekadar informasi, Toyota bz4X dibangun dengan platform e-TNGA atau Toyota New Global Architecture yang telah ditingkatkan, agar mobil sanggup mengakomodasi komponen baterai dan motor listrik lengkap dengan perangkat keamanannya.

Selain itu, Toyota bZ4X juga dilengkapi dengan teknologi canggih Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi dan meminimalisir potensi kecelakaan di jalan.

Mobil listrik ini mengadopsi baterai Lithium-ion mempunyai kapasitas 71,4 kWh. Berbekal kapasitas baterai tersebut, Toyota bZ4X diklaim memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Ditinjau dari segi dapur pacu, Toyota bZ4X diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 204 HP dan torsi 266 Nm untuk menciptakan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,3 detik dan akselerasi pertengahan 48-90 km/jam dalam 2,9 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper